Danrem 042/Gapu : Tetap Waspada Karhutla, Meski Posisi 2021 Masih Aman

Penulis : Penrem 042 | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli menyampaikan bahwa tahun 2019 menjadi pengalaman buruk terkait karhutla. Walau posisi tahun 2021 masih aman, namun perlu tetap waspada.

Itu disampaikan Danrem pada rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, serta penanganan covid-19, di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Senin (19/7/2021).

Danrem menjelaskan, pencegahan karhutla harus segera difokuskan. Dia minta dukungan pada Gubernur Jambi dalam pencegahan karhutla. TNI mengerahkan pasukan bersama Polri ke areal PT Pesona dan PT Putra Duta Indahwood.

Untuk Tahura dan Londrang, akan lebih difokuskan agar pencegahan ini berjalan baik dan lancar. TNI akan membuat strategi jangka pendek dan panjang dengan bantuan pemda setempat dan pemprov.

“Dengan adanya dukungan Pemprov Jambi dalam penanganan karhutla, kami siap namun perlu dukungan dana operasional dari pemerintah provinsi,” ujar Danrem.

Terkait covid-19, sesuai instruksi Mendagri, pembatasan jam dan mendorong rumah sakit menambah BOR, baru 22 rumah sakit yang menyediakan ruangan penanganan covid dan perlu penambahan.

“Perlunya perlakuan masyarakat terkait disiplin prokes dan penambahan ruangan covid-19,” tandas Danrem.

Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, di samping pencegahan dan penanganan karhutla, juga harus ekstra dalam penanganan covid-19. Untuk ruangan rawat dan bagi rumkit swasta agar menyiapkan ruangan.

“Isu karhutla perlu ditanggapi agar daerah menyiapkan langkah antisipasi penanganannya,” kata Haris.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo juga memberi pemaparan tentang penanganan karhutla. Juga ada arahan dari Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, tentang membangun persepsi dan sinergitas penanganan covid-19.

Turut hadir Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan R, Kasi Ter Kasrem 042/Gapu Kolonel Arh M Ibnu Sukelan, Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf J Hadiyanto, Irwasda Kombes Pol Dwi Gunawan, Karo OPS Kombes Pol Feri Handoko Soenarso, Dansat Brimob Kombes Pol Nadi Chaidir, Kapolres Muaro Jambi, Kapolres Tanjabtim , Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro, Ketua BPBD Provinsi Jambi dan instansi terkait. ***

 

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.