Selasa, 21 Mei 2019 | 00:07

Danrem 042/Gapu Tinjau Pos Sektor Barat Perbatasan RI-Timor Leste

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – 440 Prajurit Gabungan dibawah Komando Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 142/Ksatria Jaya Korem 042 Gapu disiapkan menjaga ketahanan negara di perbatasan Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RDPL). Mereka direncanakan berangkat pada Minggu ke II Juli 2019.

Hal tersebut dikatakan Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy,M.Sc,S.S saat meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan Posko Kipur – 1 Satgas Pamtas YR-408/Sbh di Mottain.

Elphis tiba di bandara A.A Bere Tallo Atambua disambut langsung Dansatgas Pamtas RI – RDTL  Yonif R – 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo dan Danyonif R-142/Kj Mayor Inf Ikhsanudin, Minggu (5/5/2019).

“PLBN Mottain dan Posko Kipur – 1 Satgas Pamtas YR-408/Sbh di mottain adalah Pos Perbatasan RI-RDTL Sektor Barat, yang nantinya  ditempati Satgas Yonif R 142/KJ menggantikan Satgas Yonif R – 408/Sbh diperkirakan berakhir pada Minggu ke II bulan Juli 2019,” kata Elphis.

Dengan didampingi Kasi Ops Letkol Inf Yudha Nugraha, dan Danyonif R 142/KJ Mayor Inf Ikhsanudin serta Dansatgas Pamtas RI – RDTL YR – 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo. Kunjungan Elphis dalam rangka memastikan situasi kondisi di lapangan khususnya Sektor yang ditempati prajurit dari Jambi tersebut. Menurutnya, penugasan merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan. Pasalnya, belum tentu setiap satuan mendapatkan kesempatan terbaik tersebut. 

“Kita harap mereka Yonif  R 142 melaksanakan tugas dengan baik, dan menghindari hal-hal yang tidak perlu dilakukan,” katanya.

Elphis bilang, prajurit yang melaksanakan tugas tanpa pelanggaran dan berhasil melaksanakan tugas telah berbuat yang terbaik demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Penugasan adalah kebangaan dan kehormatan bagi seorang prajurit. Untuk itu jangan sia siakan kesempatan karena tugas seperti ini belum tentu dilakukan oleh Yonif – Yonif lainnya. Dengan melaksanakan tugas Patroli perbatasan bukanlah rutinitas belaka, tetapi tugas yang penuh rasa tanggung jawab yang besar. Dalam hal ini khususnya pengecekan patok – patok perbatasan yang ada di sepanjang perbatasan jangan sampai tergeser,” Elphis menegaskan

Dibalik itu, Elphis juga menekanan agar Satgas Yonif R 142/KJ dalam berinteraksi dengan masyarakat selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal setempat, serta membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat.

“Kepada Satuan yang saat ini sedang bertugas agar selalu menjaga kekompakkan dan soliditas sehingga dapat memberikan kesan yang terbaik kepada masyarakat, dan tentunya sebagai prajurit TNI AD yang pada saat ini diberikan tugas dan amanah menjaga kedaulatan wilayah NKRI,” tambah Elphis.(penrem042gapu).

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.