Dari Tahun Ketahun Angka Kemiskinan di Batanghari Menurun

Penulis : Raden Soehoer
Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Sesuai data yang diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batanghari, persentase penduduk miskin di Kabupaten Batanghari menurun.

Menurut Kepala Bappeda Batanghari, Mulawarmansyah dari empat tahun terakhir ini, persentase jumlah penduduk miskin tiap tahunnya menurun.

Menurut data yang ada, pada tahun 2016 lalu persentase penduduk miskin pada angka 10,79 %, pada tahun 2017 persentase penduduk miskin pada angka 10,33 %, di tahun 2018 menurun lagi menjadi 10,23 %.

“Jadi dari tahun 2016 itu setiap tahunnya menurun, hal ini terbukti sesuai data yang ada. Nah, ditahun 2019 lalu jumlah persentasenya juga menurun lagi menjadi 9,75 %,” kata Mulawarman, saat dikonfirmasi diruangannya, Kamis (6/2/2020).

Faktor pendukung yang membuat persentase penduduk miskin menurun yakni dengan keberhasilan program pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Batanghari. “Program pemerintah daerah yang mana tertuang pada visi misi Bupati Batanghari, yakni program Batanghari Sejahtera,” ujarnya.

Adapun program Batanghari sejahtera diantaranya program jaminan kesehatan, penerima bantuan iuran (PBI) APBD Kabupaten Batanghari, beasiswa masyarakat miskin, dana damping pasien masyarakat miskin, santunan kematian masyarakat miskin, dan bedah rumah.

“Program tersebut disalurkan melalui Dinas Sosial. Nah untuk besaran dana setiap program bisa dikoordinasi pada pihak Badan Keungan Daerah (Bakeuda),” ungkapnya.

Dirinya berharap agar persentase penduduk miskin yang ada di kabupaten Batanghari terus menurun setiap tahunnya, agar masyarakat sejahtera. “Kita berharap, angka kemiskinan terus menurun. Dengan adanya program pemerintah daerah, hal ini dapat menekan angka kemiskinan,”tutupnya. (hur)

Kategori Batanghari

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.