Debat Perdana Cagub 24 Oktober 2020, Dibagi Enam Segmen

Penulis : M. Hary Rofagil || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020, saat ini sudah pada tahapan debat masing-masing kandidat.

Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Jambi akan gelar Debat terbuka pertama antar calon Gubernur Jambi dalam pemilihan serentak pada Sabtu 24 Oktober 2020 pukul 19.30 Wib.

Pada debat pertama tersebut, kandidat yang akan bertarung hanya calon gubernur saja, yaitu Cek Endra dengan nomor urut 1, Fachrori Umar nomor urut 2, dan Al Haris nomor urut 3.

Untuk debat kali ini akan berbeda dengan sebelumnya, menimbang masa pandemi Covid-19 saat ini, debat akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan secara live streaming melalui YouTube, Facebook, dan instagram.

Tema debat terdiri dari 2 tema yaitu :
1. Menggali potensi daerah Jambi untuk mewujudkan kesejahteraan menuju masyarakat mandiri

2. Membangun partisipasi dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat guna menyelesaikan persoalan daerah.

Debat dibagi menjadi 6 sesi. Untuk segmen 1, yaitu penyampaian visi-misi dari pertanyaan tim pakar sesuai dengan tema 1. lalu pada segmen 2 yaitu, pendalaman visi-misi dari pertanyaan yang sesuai dengan tema 2.

“Jadi pertanyaan-pertanyaan di buat oleh tim pakar yang terdiri dari 5 orang yang merupakan profesional, akademisi, tokoh masyarakat,” begitu kata apnizal, Komisaris KPU Provinsi Jambi saat di wawancarai via telpon.

Apnizal melanjutkan, pada segmen 3 dan segmen 4 masing-masing calon diberi kesempatan untuk bertanya kepada lawan debatnya sesuai dengan tema 1. Lalu pada segmen 5 masing-masing kandidat masih akan berdebat namun dengan tema 2.

“Untuk segmen ke 6 penutup atau closing statement dari masing-masing calon selama 1 menit” kata Apnizal.

Apnizal kemudian menegaskan bahwa mekanisme di dalam debat mendatang, diatur oleh kedua moderator debat yang merupakan penyiar TVRI.

“Itu diatur oleh moderator jadi bukan panelis ya, moderator bertugas memulai, membacakan pertanyaan, menghentikan, kemudian mengatur alur debat, tidak memberikan opini dan kesimpulan. Kedua nya merupakan penyiar TVRI,” tutup Apnizal.***

Kategori Politik

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.