Dekranasda Rangkul Pelajar, Mahasiswa dan Blogger Promosikan Kriya Jambi

KOTAJAMBI — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi terus berupaya melakukan pembinaan pada para pengrajin dan pelaku usaha UMKM, untuk meningkatkan kualitas kriya (kerajinan) Provinsi Jambi serta mempromosikan produk-produk tersebut di tingkat nasional bahkan internasional.

Dekranasda Provinsi Jambi merangkul siswa siswi SMA/SMK, mahasiswa, blogger dan komunitas kreatif, untuk mengumpulkan data pengrajin serta hasil karyanya, juga berbentuk foto, yang akan dijadikan buku dan slide presentasi (tayangan) untuk ditampilkan pada HUT Dekranas, September mendatang.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj.Sherrin Tharia Zola, Selasa (8/8), mengatakan, akan mengawal mendata pengrajin dan hasil karya dalam bentuk foto untuk dipresentasikan pada HUT Dekranas.

Produk perhiasan, batik dan songket yang akan ditampilkan pada acara Dekranas nanti mendapat perhatian khusus Sherrin, mulai dari pengrajin hingga proses penampilannya. Sherrin akan mengawal agar nanti saat Triana Rudiantara presentasi semua sudah siap.

Ditampilkannnya kerajinan Jambi di pentas nasional memberikan motivasi tersendiri bagi pengrajin yang hadir pada acara pertemuan dengan siswa SMA/SMK, mahasiswa, blogger, dan komunitas kreatif.

“Harapan untuk adik-adik serta komunitas blogger dan kreatif mampu meneruskan jejak promosi akan keberadaan Jambi terkait sejarah, industri kreatif, budaya, kerajinan, sehingga dunia luar akan semakin mengenal Jambi,” ungkap Sherrin.

Ketua Bidang Humas, Publikasi dan Promosi Dekranas Triana Rudiantara menyatakan, produk kerajinan Jambi mendapat perhatian nasional untuk dijadikan percontohan sesuai harapan.

“Kita tidak mau coba-coba lagi dan Jambi sudah bagus untuk dijadikan contoh,” ujar Triana.

Anak-anak muda di mata Triana merupakan kelompok penerus yang memiliki semangat dan ide kreatif, yang akan terus didukung dalam upaya memajukan dan membangun bangsa.

“Teknologi dengan pemanfaatan yang baik dapat mengembangkan serta mempercepat sebuah promosi dan ini kita dorong anak muda terus berkembang,” ujar Triana.

Banyaknya pengrajin dan siswa-siswi SMK, mahasiswa, blogger dan komunitas kreatif yang memenuhi auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, mencerminkan tingginya antusias promosi dan penumbuhan industri kreatif dan kerajinan di Jambi.

Diharapkan dapat mendorong kemajuan produk dan UKM Provinsi Jambi, dan selanjutnya dapat memberi efek positif terhadap kebangkitan ekonomi kerakyatan. (infojambi.com)

Penulis : Raihan

 

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.