Dekranasda Terus Dorong Peningkatan Kualitas dan Kemandirian Pengrajin

INFOJAMBI.COM – Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar, mengatakan, pihaknya terus menjalin kerjasama dengan Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, berupaya mendorong peningkatan kualitas kriya (produk kerajinan) dan memantapkan kemandirian pengrajin.

Hj Rahima mengatakan hal itu dalam Rakernas Tahun 2017, di Gedung Jenderal A.H. Nasution, Lt.16 Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (26/9).

Produk unggulan Provinsi Jambi diantaranya Batik, Perhiasan, Anyaman, kain Songket, Kerajinan kayu, Kerajinan cinderamata. Dekranasda menggandeng Bank Jambi dan lembaga keuangan lainnya, dan khusus untuk pengembangan Batik Jambi, bahkan Dekranasda Provinsi Jambi menjalin kerjasama dengan desainer nasional Barli Asmara.

Untuk pemasaran produk unggulan, kata Hj Rahima, melibatkan pengrajin dan instansi terkait dalam mengikuti pameran, guna mengenalkan dan mempromosikan produk unggulan daerah, dan kami berencana membuat website penjualan sebagai wadah penjualan bagi para pengrajin binaan kami. Produk Jambi yang sudah diekspor, masih sebatas hanya Batik Jambi, sesuai dengan permintaan,” ujar Rahima.

Rahima menerangkan, untuk meningkatkan kualitas produk unggulan, Dekranasda mengadakan pelatihan dan pemdampingan terhadap pengrajin, yakni pelatihan pengembangan desain dan diversifikasi produk, pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan manajemen kewirausahaan, serta memfasilitasi permodalan.


Selanjutnya, untuk tahun 2018, Rahima menyatakan bahwa fokus Dekranasda adalah peningkatan kuantitas dan kualitas pengrajin baik jumlah maupun kemampuan pengrajin.

Ketua Dekranas, Hj.Mufidah Jusuf Kalla, intinya memberikan support (dukungan) dan motivasi kepada Dekranasda Provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia, agar terus-menerus meningkatkan kinerja dalam meningkatkan kualitas kerajinan daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan para pengrajin, yang selanjutnya akan mendorong peningkatan perekonomian dan daya saing daerah.

Begitu juga Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah juga selaku Ketua Harian Dekranasda, mengatakan akan mengembangkan regenerasi penggrajin, khususnya kerajinan tenun sebagai warisan leluhur, merupakan salah satu program Dekranas, selain meningkatkan pendapatan para pengrajin.

Kabid Humas Publikasi dan Promosi Dekranas, Triana Rudiantara (istri Menteri Komunikasi dan Informatika), mengapresiasi Dekranasda Provinsi Jambi yang aktif mendorong penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), dalam mempromosikan dan memasarkan kriya, dengan memberikan pelatihan kepada para pengrajin, juga merangkul siswa SMK dalam promosi kriya Provinsi Jambi.

Selain itu, Kabid Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga (istri Menteri Koperasi dan UKM) menyatakan bangga dengan Jambi, dimana salah satu kegiatannya mengembangkan manajemen kewirausahaan. ( Mustar – Humasprov )

 

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.