Demokrat ke Fachrori… Fasha – AJB Ditikung

Penulis : M Hary Rofagil || Editor : Redaksi

AHY serahkan rekomendasi ke Fachrori (foto : ist)

INFOJAMBI.COM — Partai Demokrat akhirnya menentukan pilihannya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021 – 2024, Selasa malam, 18 Agustus 2020.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan, calon Gubernur Jambi itu adalah H Fachrori Umar.

Yang mengejutkan, calon Wakil Gubernur Jambi yang didukung bukan Safrial yang sudah lama santer disebut-sebut akan berpasangan dengan Fachrori Umar.

Nama Bupati Tanjungjabung Barat itu tidak disangka-sangka bakal “terbuang” dari daftar kandidat calon Wakil Gubernur Jambi.

Demokrat ternyata memilih Syafril Nursal sebagai wakil Fachrori. Munculnya nama mantan Kapolda Sulawesi Tengah asal Kerinci, Jambi, itu cukup mengagetkan.

Lebih mengejutkan lagi, Demokrat tidak memilih Syarif Fasha sebagai calon Gubernur Jambi. Wali Kota Jambi itu “terpelanting” dari partai yang digadang-gadang akan mendukungnya.

Dukungan Demokrat ke Fasha seakan tidak mungkin berubah lagi. Alasannya, pasangan Fasha dalam pilkada Desember mendatang adalah Asyafri Jaya Bakri (AJB).

AJB yang kini menjabat Wali Kota Sungaipenuh, merupakan kader Demokrat. Mantan Rektor IAIN Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi itu menjadi wali kota berkat Demokrat.

Salah seorang tim sukses Syarif Fasha – Asafri Jaya Bakri, Rahman, tidak mengangkat telepon saat akan diminta komentarnya soal lepasnya dukungan Demokrat.

Sementara itu, Ketua Tim Keluarga Fachrori Umar, Miftahul Ikhlas, mengaku sangat bersyukur atas dukungan Demokrat tersebut.

“Rekomendasi dukungan Demokrat diserahkan langsung oleh Pak AHY kepada Pak Fachrori dan isteri di Jakarta,” ujar pria yang akrab disapa Paul itu.

Paul menjelaskan, penyerahan rekomendasi dukungan Demokrat ke Fachrori juga disiarkan secara virtual, disaksikan oleh sejumlah pengurus DPD Demokrat Provinsi Jambi di kantornya.

“Kami sangat bersyukur. Apa yang diperjuangkan tercapai. Kami sangat berterima kasih, karena perjuangan kami dari awal menjadi kenyataan,” ungkap Paul kepada INFOJAMBI.COM.

Dukungan Demokrat yang memiliki tujuh kursi di DPRD Provinsi Jambi membuat dukungan kepada Fachrori semakin kuat.

Sebelumnya Fachrori didukung oleh Partai Hanura (2 kursi) dan Partai Gerindra (7 kursi). Dengan bergabungnya Demokrat, Fachrori kini didukung oleh 16 kursi di parlemen.

“Pesan kami kepada kawan-kawan, mari kita berangkulan tangan, bahu membahu berjuang. Alhamdulillah kursi di parlemen sudah 16. Itu sudah melebihi yang disyaratkan, 11 kursi,” ujar Paul.

BACA JUGA : Cerita Cik Bur, dari Nasi Goreng sampai Calon Gubernur

Terkait dukungan Demokrat kepada Syafril Nursal sebagai wakil Fachrori, salah seorang tim sukses Fachrori, Idham Kholid menerka ada kaitannya dengan arah dukungan PDI Perjuangan yang belum menetapkan calonnya.

Menurut Idham, awalnya Fachrori berpasangan dengan Safrial. Safrial merupakan kader PDI Perjuangan yang menjabat sebagai Bupati Tanjungjabung Barat.

“Alasannya, salah satunya, PDI Perjuangan tidak memberikan kepastian dukungan terhadap kadernya. Semua keputusan sudah dikoordinasikan dan diketahui oleh Safrial. Beliau mendukung,” kata Idham seperti dikutip jambiday.co. ***

Kategori Politik

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.