Di Tanjabtim Harga Jual Kelapa Mulai Naik

PENULIS : RUSTAM HASANUDDIN
EDITOR : DODDI IRAWAN

INFOJAMBI.COM – Harga jual kelapa di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mulai naik. Naiknya harga jual kelapa lokal membuat petani bersemangat lagi. Petani kini mulai memanen kelapanya kembali.

Harga jual buah kelapa di Kabupaten Tanjabtim mulai merangkak naik, di tingkat petani, harga kelapa yang semula 800 rupiah, naik menjadi 1.100 rupiah per butir.

Sementara itu, di tingkat pengepul, harga jual buah kelapa mencapai 1.500 per butir, para pengepul jelas mengambil keuntungan untuk selanjutnya dijual lagi.

Adi, petani kelapa di Desa Siau, Kecamatan Muara Sabak Timur, mengakui harga jual kelapa naik sekitar 200 rupiah per butir. Kenaikan itu membuat Adi sudah cukup senang.

Kenaikan harga ini membuat petani kelapa sedikit bergairah, petani mulai kembali ke kebun menurunkan buah kelapa dari pohonnya.

Pohon kelapa di daerah ini sudah banyak yang tumbuh tunas, kulit kelapa berwarna coklat, pertanda kelapa baru dipanen, karena sudah lama tidak dipanen lantaran harganya murah.

Kelapa yang dikumpulkan dari petani ini dijual ke luar daerah, bahkan ke pulau jawa. Buah kelapa dijemput langsung oleh pembeli menggunakan truk.***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.