Diduga INA Serobot Lahan Transmigrasi

Penulis : Rustam Hasanuddin
Editor : Wahyu Nugroho

Warga yang merasa dirugikan, diruang tunggu kantor bupati (foto Rustam Hasanuddin)

INFOJAMBI.COM – PT Indo Nusa Agromulia (INA) diduga serobot lahan Usaha 2 Warga Transmigrasi (U2WT) didesa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Terkait hal itu beberapa warga yang merasa dirugikan mendatangi kantor bupati untuk meminta bantuan menyelesaikan permasalahan tersebut.


“Kami beberapa warga transmigrasi datang untuk menemui bapak bupati agar dapat memfasilitasi dalam penyelesaian sengketa lahan kita yang diserobot PT INA itu.”ungkap Suarno ketua kelompok Tani U2WT kepada awak INFOJAMBI.COM didepan kantor bupati Selasa (29/1/2019).

Ada sekitar 21 hektare lahan warga transmigrasi yang saat ini dipanen sawitnya oleh PT INA tanpa membagikan hasil kepada pemilik lahan.

Menurut Suarno lahan itu mulai dikuasai INA sejak tahun 2015, sementara lahan U2WT itu dibagikan ke warga transmigrasi oleh UPT Transmigrasi sejak tahun 2005.
Sedangkan PT INA mendapatkan penguasaan lahan itu berdasarkan izin prinsip yang dikeluarkan sejak tahun 2009.

“Siapa yang mengeluarkan lahan izin prinsip itu kita belum tahu. Makanya kita minta fasilitasi dari pemerintah atas sengketa lahan kita ini. “tambah Suarno.

Menurut Suarno, kalau ada masyarakat yang mau panen sawit pihak perusahaan melaporkan ke aparat dan wargapun di tangkap.

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.