Dirkrimsus Polda Jambi Hadiri Rakor Pencegahan Pungli Tingkat Pendidikan

PENULIS : ANDRA RAWAS
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Guna melakukan pencegahan praktek pungutan liar di Dunia Pendidikan Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jambi, Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah SMP Se-Kota Jambi, Kamis (21/11/2019) pagi.

Rakor Satgas pungli untuk pencegahan pungli pada sektor pelayanan publik sektor bidang pendidikantingkat sekolah menengah pertama (SMP) se-Kota Jambi, dihadri langsung oleh Direktur Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Thein Tabero selaku Kapokja Penindakan unit pemberantasan Pungli Provinsi jambi.

Dalam rapat koordinasi pencegahan pungli tersebut bertempat di ruang pola kantor inspektorar provinsi jambi, juga dihadiri pihak perwakilan dinas pendidikan kota Jambi, dan kepala sekolah SMP se-kota Jambi serta Ombusman Jambi.

Dalam arahannya Kapokja Penindakan Unit Pemberatasan Pungli Provinsi Jambi mengungkapkan, dengan adanya Rakor Satgas pungli yang menyasar sektor pelayanan publik bidang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama Sekota Jambi tersebut, berharap sunia pendidikan tingkat SMP tetap bersih dari praktek pungli.

Dia juga menegaskan kepada peserta Rakor. Jika terdapat sumbangan dan pungutan di Sekolah agar tidak mengikat yang dapat membebani orang tua siswa peserta didik, tidak hanya itu, peran orang tua harus bisa membedakan / yang dimaksud dengan sumbangan atau pungutan liar dari pihak Sekolah.

“Kita harapkan tidak ada pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah kedepannya , memang sejauh in, belum ada laporan adanya pugli yang dilakukan oleh pihak sekolah dan semoga kedepan tertap bersih dari praktek pungli,” katanya.

Dalam rakor tersebut, juga dilakukan diskusi tentang peraturan dan pemahaman tentang pendanaan pendidikan serta peran serta komite sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada disetiap sekolah, tidak hanya itu  kegiatan juga diisi dengan pemaparan dari pihak ombusman jambi terkait laporan pungli dengan menghadirikan sejumlah narasumber dari pihak dinas pendidikan, ombusman, dan kelompok ahli.

Sebagai upaya pencegahan terjadinya pungutan liar. satgas pungli provinsi jambi, telah membuat posko untuk pengaduan terkait pelaku pungli yang ada di Provinsi Jambi yang berlokasi di kawasan komplek kantor Gubernur Jambi Telanaipura Kota Jambi.***

Kategori Hukrim

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.