Disnakkan Muarojambi Periksa Kesehatan 1.090 Hewan Qurban

PENULIS : MUAMMAR
EDITOR : DODDI IRAWAN

INFOJAMBI.COM – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Muarojambi mengecek kesehatan hewan ternak yang akan diqurbankan.

“Mulai sepekan belakangan sampai hari ini kami turun ke kelompok tani dan pedagang ternak, mengecek kesehatan hewan qurban,” kata Kepala Disbunnak Muarojambi, Rd. Zulkarnaini, Sabtu (10/8/2019).

Disbunnak Muarojambi menurunkan sedikitnya 15 orang untuk melakukan pengecekan hewan ternak.

Targetnya kantong-kantong penjualan hewan ternak dan juga rumah pemotongan hewan.

“Ada tiga dokter hewan dan beberapa paramedis. Hewan qurban yang sudah dicek dan dinyatakan sehat diberi tanda kalung atau dicat,” papar Zulkarnaini.

Disbunnak menargetkan 1.090 ekor hewan ternak dicek kesehatan. Hewan ternak yang dicek kesehatannya adalah yang sudah cukup syarat diqurbankan.

“Jumlahnya, sapi 727 ekor, kerbau 96 ekor dan kambing 167 ekor. Kami periksa sudah cukup zat dan syaratnya untuk diqurbankan sesuai syariat Islam,” urainya.

Untuk kebutuhan qurban, Zulkarnaini menyebutkan, stok di Muarojambi masih tercukupi. Setiap tahun biasanya kebutuhan hewan kurban mencapai 1.090 ekor.

“Stok cukup. Kami melihat perekonomian masyarakat saat ini, sepertinya kebutuhan tidak sampai sejumlah itu,” katanya. ***

Kategori Agama,Muaro Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.