Disnakkan Sungai Penuh Pantau Kesehatan Hewan Qurban

PENULIS : RHOMI EFENDI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh Edi Juarsa (foto Rhomi Efendi)

INFOJAMBI.COM – Jelang Hari Raya Idul Adha Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh lakukan pendataan jumlah hewan qurban yang akan di di sembelih di Hari Raya Idul Adha, Selasa (6/8/2019).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh Edi Juarsa mengatakan, hingga saat ini untuk Jumlah hewan Qurban di Kota Sungai Penuh yang telah di data sebanyak 350 Ekor Sapi dan 15 Ekor Kambing, data tersebut di dapatkan dari mesjid-mesjid dalam Kota Sungai Penuh, Dan di prediksi akan bertambah hingga 500 ekor mendekati hari raya idul adha.

“Sejauh ini dari pendataan yang kami lakukan di setiap mesjid dalam kota sungai penuh yang melaksanakan qurban sebanyak 350 ekor sapi dan 15 ekor kambing, kemungkinan akan bertambah hingga 500 Ekor Jelang H-1 idul adha seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk hewan qurban di kota Sungai Penuh  70% di datangkan dari luar daerah Kota Sungai Penuh seperti dari daerah tetangga pesisir selatan dan 30% dari dalam Kota Sungai Penuh.

Ditambahnya, Untuk Harga setiap hewan qurban di tetapkan standarnya untuk sapi Rp17.500.000 per ekor dan untuk harga kambing kisaran Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000 per ekor.

Sementara untuk kesehatan hewan qurban sendiri pihak dinas peternakan dan perikanan kota Sungai Penuh telah melakukan pengawasan pada saat hewan kurban masuk di kota Sungai Penuh, selain itu pengawasan juga akan di lakukan setelah hewan qurban di potong untuk melakukan pengecekan kelayakan daging hewan qurban untuk di konsumsi masyarakat.

“Untuk Harga Hewan Qurban Kisaran Rp17.500.000 per ekor dan Untuk Kambing Kisaran Rp2.500.000 Hingga Rp3.000.000 per ekor, selain itu untuk kesehatan hewan qurban kami juga telah melakukan pengecekan kesehatan hewan dan pengecekan juga akan kami lakukan setelah hewan qurban di potong nantinya,” Tutupnya.***

Kategori Sungai Penuh

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.