Doa Zikir Bersama Menyambut Tahun Baru 1441 Hijriah

PENULIS : RAIHAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Pemerintah Provinsi Jambi memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah/2019 Masehi bersama TNI Polri dan masyarakat  di Masjid Agung Al Falah Jambi, Sabtu (31/8/2019).

Asisten Umum Pemerintah Provinsi Jambi H. Sudirman mewakili Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, menyampaikan ungkapan selamat  menyambut datangnya bulan Muharram dan menyongsong Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah kepada seluruh umat muslimin dan muslimat serta mengajak untuk memaknai momentum pergantian Tahun Baru Islam sebagai wahana evaluasi dan introspeksi diri melaksanakan tugas dan kewajiban kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. “Kewajiban kita kepada Allah Swt, sesama manusia maupun kewajiban kita kepada makhluk Allah lainnya serta sejauh mana manfaat diri kita bagi masyarakat banyak,” ungkap H. Sudirman. 

Pergantian tahun Islam yang diharapkan  bukan dengan kesenangan dunia melainkan pergantian tahun mengartikan pertambahan usia dan pengurangan kontrak hidup di dunia dengan memperbanyak zikir merupakan salah satu langkah dan upaya yang baik bagi kaum muslimin dan muslimat. “Bagi kita semua untuk berpikir merenung dan berbuat sabar, menjauhkan diri dari perbuatan salah dan dosa, serta beristighfar dan bertaubat sebelum terlambat,” ungkap H. Sudirman. 

Peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah digelar Pemerintah Provinsi Jambi juga dimaksudkan mempererat tali silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat di Provinsi Jambi serta mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan dosa juga memperbanyak ibadah kepada Allah Swt. “Memperkuat ukhuwah islamiyah, membantu sesama dengan mengerjakan amal-amal sosial yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat banyak,” lanjut H.Sudirman.

Peringatan Tahun Baru Islam menjadi moment yang tepat bagi kaum muslimin dan muslimat untuk mengevaluasi diri terhadap tindakan dan perilaku yang telah dilakukan selama Tahun 1440 Hijriyah. “Introspeksi yang kita lakukan tentunya menjadi pondasi bagi individu untuk berbuat dan bertindak lebih baik kedepannya,” kata H.Sudirman. 

Dr.H.M.Hasbi Assiddiqi,MA, menyampaikan tausiyah pergantian tahun secara Islam dimulai setelah maghrib dimana umat Islam dapat merayakan serta terus berupaya meningkatkan kualitas kehidupan dengan penanaman keimanan, ilmu dan akhlak yang baik. “Iman, ilmu dan akhlak yang baik hendaknya terus diperkuat dalam menjalani kehidupan,” ungkap Ustadz H.M. Hasbi Assiddiqi. 

Memaknai pergantian tahun bagi umat Islam hendaknya lebih banyak melakukan istighfar memohon ampunan kepada Allah Swt atas segala dosa dan kekhilafan yang telah diperbuat. “Istighfar menjadi solusi agar hidup lebih tenang serta dimudahkan segala urusan serta terkabulnya doa seorang hamba,” jelas Ustadz H.M.Hasbi Assiddiqi. 

Istighfar merupakan ungkapan permohonan ampunan kepada Allah Swt atas segala dosa yang telah diperbuat serta terus berusaha memperbaiki diri menjadi jalan penerang bagi umat Islam yang meyakini.***

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.