Dorong Peningkatan Investasi, Zola Tegaskan Dukungan Terhadap Pelaksanaan Berusaha

INFOJAMBI.COM — Investasi dalam maupun luar negeri sangat dibutuhkan Provinsi Jambi dalam pembangunan daerah. Guna meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jambi, perlu didatangkan investor ke Jambi.

Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli, sangat mendukung upaya itu. Pemprov Jambi membantu menyiapkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pelaksanaan Berusaha bagi kabupaten/kota di Jambi.

Zola bahkan hadir langsung dalam Rapat Kerja (Raker) Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah, yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Selasa (23/1/2018).

Menurut Zola, pemerintah pusat telah menyiapkan Pedoman Pembentukan Satgas Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha, menindaklanjuti Perpres nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

“Presiden mengingatkan, terutama bagi gubernur dan Ketua DPRD se-Indonesia, pelaksanaan pembangunan di daerah tidak bisa mengandalkan APBD. APBD hanya bisa berkontribusi 20 % untuk pembangunan,” ujarnya.

Untuk menyehatkan pertumbuhan ekonomi, nasional maupun daerah, dibutuhkan kemudahan-kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di daerah serta peningkatan ekspor di segala bidang.

Tugas utama satgas ini, kementerian/lembaga maupun daerah, memonitor pelaksanaan pencapaian berusaha di wilayah kerja masing-masing. Mereka harus melakukan debottlenecking, yaitu penyelesaian permasalahan hanya di lingkungan mereka. Sisanya disebut satgas pendukung.

Zola menjelaskan, pemprov diminta membentuk satgas sebagai leading sector pengawasan proses pendaftaran perizinan investasi, melakukan langkah penyelesaian masalah dan melaporkan secara reguler kepada satgas nasional.

Pemprov Jambi sudah membentuk satgas tersebut dan akan dicek lagi di kabupaten/kota. Tinggal lima kabupaten yang belum punyai satgas itu. Nanti segera dibentuk dan akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

Pemprov Jambi akan mengevaluasi kembali perizinan seperti yang pernah dilakukan. Pemerintah daerah harus mengejar dan mencari investor agar masuk ke Jambi.

“Misalnya untuk pembangunan pembangkit listrik. Provinsi Jambi cukup banyak potensi batubara. Di Sarolangun batubara dijadikan pembangkit listrik melebihi 2 x 600 Watt. Tapi pembangunan ini perlu investor,” papar Zola.

Semua arahan dan petunjuk Presiden Jokowi segera ditindaklanjuti di Jambi. Zola mengharapkan pertumbuhan ekonomi Jambi meningkat dan laju inflasi dapat ditekan. (Sapra Wintani — Jakarta)

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.