DPD RI Apresiasi Pergelaran Apkasi Otonomi Expo 2019

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : M ASRORI S

Pembukaan AOE 2019, di Jakarta Convention Center (Foto/Bambang Subagio).

INFOJAMBI.COM – Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Reydonnyzar Moenek, memberikan mengapresiasi penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2019.

Menurutnya, AOE sangat efektif dalam mempromosikan potensi-potensi daerah. Apalagi tujuan kegiatan itu selaras dengan tujuan dari DPD RI, untuk mewujudkan percepatan pembangunan daerah.

“Salah satu tujuan DPD RI, yakni memasarkan potensi sumber daya di daerah,” kata Donny, sapaan akrab Reydonnyzar Moenek, saat menghadiri pembukaan AOE 2019, di Jakarta Convention Center (3/7/2019).

AOE yang berlangsung 3-5 Juli 2019 mendatang, dibuka Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto.

Donny berpendapat, AOE 2019 ini, merupakan representasi simbolik daripada keterwakilan daerah. Yakni bagaimana DPD RI berusaha mempromosikan daerah, memfasilitasi baik dari berbagai dinamika, termasuk juga regulasi.

“Karena salah satu tugas kita, adalah fungsi legislasi yang tentunya mendorong masing-masing pemerintah daerah mempercepat pertumbuhan dan pembangunan daerah, termasuk investasi,” ujar Donny.

Tren positif penyelenggaraan AOE dua tahun terakhir, ditandai transaksi bisnis lebih Rp 4 triliun antara investor dan buyers, baik dalam maupun luar negeri dengan sejumlah peserta pameran dari Pemkab di Indonesia.

Apresiasi juga diberikan kepada para bupati yang mau terlibat memasarkan potensi daerah masing-masing. Kepala daerah dianggap mempunyai peranan penting dalam memajukan perekonomian daerahnya. Karenanya, setiap kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemkab Seluruh Indonesia (Apkasi), harus dapat memanfaatkan iven AOE 2019 ini, dalam memasarkan potensi daerahnya.

“Saya betul-betul menghormati dan bangga atas kemauan dan kesungguhan mereka membangun daerah mereka, memperkenalkan daerah mereka dan menjual daerah mereka. Ini harus kita dorong secara bersama-sama merupakan kemitraan, antar berbagai stakeholder di daerah,” ujarnya.

Donny menegaskan aspek terpenting pembangunan ekonomi daerah, adalah menciptakan peluang dan cara memasarkan potensi-potensi di daerah. Tanpa itu, potensi daerah tidak mempunyai pangsa pasar dan kurang mendukung percepatan pembangunan daerah.

“DPD RI sebagai representasi daerah, terus berupaya dalam mempromosikan potensi daerah, untuk menciptakan adanya investasi,” ujarnya.***

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.