DPD RI Desak Pemerintah Tuntaskan Karhutla Secara Menyeluruh

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Komite II DPD II RI mendesak pemerintah untuk serius dan fokus menyelesaikan masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara menyeluruh. Karhutla selama ini telah menjadi kabanggaan

“Karhutla tidak hanya menimbulkan kerugian secara ekonomi, tapi juga secara kesehatan dan sosial,” ujar  Ketua Komite II, Agustinus Terang  Narang dalam Rapat Dengan Pendapat Umum (RDPU) dengan tiga narasumber di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Ketiga Narsum itu adalah Prof Dr Hariadi Kartodiharjo (Guru Besar IPB); Dr Drajat H. Wibowo (Direktur Kerjasama Sertifikasi Kehutanan Indonesia), dan Rukka Sombolinggi (Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara – AMAN) pada Senin (21/10/2019).

Wakil Ketua Komite II Bustomi Zainuddin,  Drajat H. Wibowo mengungkapkan karhutla yang terjadi selama ini tidak hanya tercatat dalam bencana nasional, tapi juga mendapat perhatian dunia internasional. 

Dari sisi bencana nasional, lima tahun terakhir luar Karhutla yang terbakar mendapai 4,5 juta ha lebih, dan terbesar tahun 2015, yang mencapai hampir 3 juta ha. Sedangkan tahun 2019, hingga September mencapai 350 ribu ha.***

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.