DPD RI Teken Kerjasama dengan APPSI

Kerjasama DPD dan Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia ll foto : Bambang Subagio

JAKARTA – Ketua DPD RI, Oesman Sapta, menegaskan, Republik Indonesia bisa menjadi makmur, apabila daerah-daerah di Indonesia juga makmur. Tanpa adanya pemerataan pembangunan, tidak mungkin tercipta kemakmuran di daerah-daerah.

Terkait itu, Oesman mengajak Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), agar secara sinergi membangkitkan dan membangun dareah-daerah.

Pernyataan itu disampaikan Oesman Sapta, saat melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU) dengan Ketua APPSI, Syahrul Yasin Limpo, di Hotel Westin Jakarta, Senin (8/5).

Turut hadir menyaksikan penandantanganan MoU itu, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Darmayanti Lubis, para senator dan Sekjen DPD RI Sudarsono, Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Kalbar, Wagub Jambi Fachrori Umar, Sekda Riau Ahmad Haziji dan  sejumlah kepala daerah.

Menurut Oesman, MoU bertujuan untuk memajukan kesejahteraan daerah-daerah di Indonesia melalui DPD RI sebagai wakil daerah. Oesman berkeyakinan, suara kebathinan DPD tidak jauh berbeda dengan APPSI dalam memajukan daerah.

“MoU ini juga merupakan pengakuan secara eksis terhadap DPD. Kita bergabung kembali dengan gubernur, bupati, dan walikota. Kita kembali lagi bergabung demi daerah dan malam ini juga merupakan malam kebangkitan daerah,” kata senator dari Provinsi Kalbar.

Sementara Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, MoU ini merupakan komitmen bangsa Indonesia dari Sabang hingga Marauke. Syahrul berharap, komitmen ini bisa berlangsung cepat antara DPD dan seluruh gubernur sekaligus round table seluruh Provinsi di Indonesia, dalam menyikapi tantangan bangsa.

“Tentunya, komitmen kita kepada rakyat dan daerah. Saya yakin pertemuan ini sangat penting,” jelasnya.

Syahrul berharap di masa depan, DPD dan APPSI juga bisa memiliki komitmen semakin dalam memposisikan diri terhadap bangsa. Selain, tidak ada lagi posisi gubernur dengan DPD tidak ada lagi sekat-sekat.

“Kita percaya, bangsa ini sangat besar dan tentunya tantangan juga semakin besar. Maka dengan membangun kekayan yang besar ini bisa didorong secara maksimal dan menghadirkan pemerintah yang bekerja untk kepentingan daerah. Tentunya di bantu oleh DPD,” kata Syahrul.

Senator Jambi, Daryati Uteng, menyambut positif adanya penandatanganan nota kesepahaman DPD RI dengan APPSI, terutama untuk penguatan, kewenangan dan kedudukan DPD RI.

“MoU ini juga sangat bagus, untuk pemikiran untu membangun komitmen keberpihakan kepada kepentingan daerah dan bangsa,” ujarnya. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.