DPD RI Temukan Peluang Bisnis Ikan dan Kapal di Mexico

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – Delegasi DPD RI menemukan peluang bisnis di bidang perikanan, transportasi laut dan rempah-rempah di negara di Mexico. Peluang tersebut dapat digarap oleh pelaku usaha dari Indonesia.

Wakil Ketua DPD RI Senator Sultan Baktiar Najamudin dan Wakil Ketua Badan Kerjasama Parlemen Richard Hamonangan Pasaribu mengungkapkan peluang-peluang usaha itu tersingkap dalam pertemuan antara delegasi DPD RI dengan Ketua Kadin Meksiko untuk ASEAN Michel Santibanez serta Wakil Ketua Umum Kadin Meksiko Jorge Lopez Morton di Mexico City, Mexico, Kamis (7/11/2019).

“Kami banyak memperoleh informasi peluang-peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis di Tanah Air, ” kata Sultan yang memperoleh penugasan Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti.

Kepada Pimpinan Kadin Mexico, Sutan mengatakan lebih dari 500 kabupaten/kota di Indonesia banyak peluang usaha yang juga dapat digarap oleh pengusaha Meksiko. Kedua pihak dapat bekerjasama secara lebih luas lagi, baik dalam skala besar, sedang, maupun kecil.

“Sektor ekonomi kreatif sedang berkembang sangat pesat di Indonesia sehingga memudahkan terjadinya interaksi secara lebih cepat dan lebih luas dengan mitra-mitra dari luar, ” kata Sultan.

Michel Santibanez mengatakan Meksiko sangat membutuhkan fasilitas transportasi laut untuk menunjang perekonomiannya. “Kami bisa menyediakan mitra lokal bila ada pengusaha Indonesia yang mau masuk ke sini, ” katanya.

Didampingi Duta Besar RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartono itu pimpinan Kadin Meksiko menjelaskan Indonesia memiliki peluang sangat besar untuk meningkatkan ekspornya ke Meksiko, khususnya untuk berbagai jenis ikan laut dan ikan air tawar. Sebab setiap tahun Meksiko menghabiskan miliaran dollar untuk mengimpor ikan tetapi konsumsi dalam negerinya terus meningkat dan melebihi pasokan.

“Kami masih membutuhkan lebih banyak lagi ikan air tawar dan ikan laut. Pasarnya sangat besar di sini dan Anda akan heran melihat keuntungannya karena kami menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk membeli ikan,” ujar Jorge Lopez Morton.

“Bahkan permintaan akan ikan mujair dan ikan air tawar lainnya sangat besar di negeri kami, tetapi pasokannya tidak cukup,” ujarnya.

Michel Santibanez mengatakan Meksiko sangat membutuhkan fasilitas transportasi laut untuk menunjang perekonomiannya. “Kami bisa menyediakan mitra lokal bila ada pengusaha Indonesia yang mau masuk ke sini, ” katanya.

Sedangkan Cheppy menambahkan Kadin Indonesia Komite Meksiko akan segera menunjuk ketuanya yang akan berkunjung ke Meksiko sekitar akhir November untuk menjalin kerjasama yang lebih erat lagi. ***

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.