DPR Minta Panitia Asian Games 2018 Berdayakan Vendor Lokal

Laporan Bambang Subagio

INFOJAMBI.COM – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) meminta Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) lebih memberdayakan vendor lokal menyusul adanya sinyalemen Inasgoc lebih mengutamakan perusahaan (vendor) asing dalam persiapan acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

“Jangan sampai Asian Games ini membuat masyarakat dan pelaku ekonomi kita terpinggirkan, karena di sini ada nasionalisme dan harga diri bangsa yang dipertaruhkan. Inasgoc harus lebih memprioritaskan vendor lokal kita,” kata SAH, di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (29/5/2018).

Diketahui, Inasgoc sebagai panitia Asian Games 2018 menunjuk Five Current’s sebuah perusahaan organizer dari luar negeri sebagai pelaksana semua rangkaian kegiatan acara pembukaan hingga penutupan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Kondisi ini tentu sangat disayangkan, karena ini justru membatasi ruang gerak dari vendor lokal, yang sebenarnya juga mampu untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.


Politisi Partai Gerindra itu meminta Inasgoc menjadikan Rekomendasi Panitia Kerja (Panja) Persiapan Asian Games 2018 sebagai acuan dalam persiapan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut. Keempat rekomendasi tersebut berupa sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses memberdayakan ekonomi masyarakat.

SAH menegaskan, salah satu sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Asian Games adalah memberikan pengalaman dalam kesempatan kepada vendor lokal untuk berpartisipasi aktif menyukseskan tahap demi tahap tiap rangkaian acara.

“Katakanlah pada pengadaan katering atlet mancanegara selama kegiatan, masak harus dilakukan vendor asing. Terus koreografer dan konsep pembukaan, diambil konsultan luar. Bahkan untuk cenderamata dan merchandise Asian Games pun disediakan vendor luar. Inikan sama dengan tidak memberdayakan ekonomi masyarakat lokal,”kata wakil rakyat dari dapil Jambi itu.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Olahraga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.