DPR Terima Usulan Nama Cagub BI Pasca Reses

Laporan : Bambang Subagio

Anggota Komisi XIDPR RI, Wilgo Zainar.

INFOJAMBI.COM – Anggota Komisi XI, Wilgo Zainar, mengungkapkan, pihaknya secara formal belum menerima satu atau beberapa nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) yang diusulkan Presiden ke DPR.

Dari pemberitaan media, Wilgo mengaku hanya tahu satu nama yang turun dari Presiden ke DPR.

“Kalau yang beredar di media saat ini, satu nama yang turun dari Presiden ke DPR RI. Namun, karena DPR sedang reses, maka tentunya secara formal, kami komisi XI, belum menerima satu atau beberapa nama yang disampaikan Presiden kepada DPR, ” kata Wilgo di Jakarta, Minggu (25/2).

Masa jabatan Agus Martowardojo, sebagai Gubernur BI, akan berakhir 15 Mei 2018. Presiden memang dijadwalkan akan mengirim nama calon gubernur BI, untuk diuji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), pada pekan ketiga Februari 2018 ini.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi, sebelumnya mengungkapkan ada empat nama calon gubernur BI yang akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo. Empat nama itu, adalah calon petahana Agus Martowardojo, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan mantan Menteri keuangan Chatib Basri.

Namun, kabar terakhir Jokowi hanya menyodorkan dua nama calon kandidat. Yakni Deputi Perry Warjiyo dan Bambang Brodjonegoro.

Kemungkinan nama yang disebut oleh Wilgo Zainar, adalah Perry Warjiyo.

Namun Wilgo meyakini, pihaknya baru akan memperoleh nama calon gubernur BI pada awal Maret mendatang pasca reses.

“Untuk lebih pastinya, pasca reses 5 Maret nanti, akan kami dapatkan nama usulan Gubernur BI yg sebenarnya,” kata politisi Gerindra dapil NTB ini.***

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.