DPRD Provinsi Jambi Diskusikan Kerusakan Jalan Bersama Bupati Merangin

Penulis : RR | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi menemui Bupati Merangin, Al Haris, di Bangko, Senin (10/5/2021). Mereka mendiskusikan masalah kerusakan jalan akibat angkutan barang yang melebihi tonase.

Kerusakan jalan diantaranya disebabkan angkutan batubara. Jalan yang seharusnya tahan lima tahun, hanya bisa bertahan tiga tahun. Akibatnya masyarakat umum pengguna jalan jadi terganggu.

“Begitu pula jalan yang harusnya tahan tiga tahun, cuma bisa tahan dua tahun,” kata pimpinan rombongan Komisi III DPRD Provinsi Jambi, H Ahmad Fauzi MT dalam diskusi itu.

Fauzi mengatakan, perlu diatur penggunaan jalan dengan peraturan daerah (perda) tentang penyelenggaraan perhubungan. Perda ini yang menyelamatkan jalan-jalan di Provinsi Jambi, termasuk Merangin.

Bupati Merangin, Al Haris bersama jajaran menerima rombongan kunker Komisi III DPRD Provinsi Jambi ini di Kantor Bupati Merangin.

Dalam pertemuan ini Ahmad Fauzi menitik beratkan pada dampak kerusakan jalan akibat angkutan barang, terutama angkutan batubara. Termasuk dampak lain dari angkutan itu.

“Contohnya keselamatan lalu lintas dan dampak lain. Ini sudah meresahkan para pengguna jalan,” kata anggota dewan asal Merangin ini.

Menanggapi saran dewan dari provinsi tersebut, Al Haris mengakui masih banyak hal yang perlu dibenahi di Provinsi Jambi, termasuk masalah angkutan barang dan dampak yang ditimbulkannya.

Dari angkutan barang itu terjadi gangguan arus lalu lintas, asap dan debu dari knalpot truk. Cukup mengganggu kesehatan warga. Untuk itu perlu dicari jalan keluar dengan diterbitkannya perda penyelenggaraan perhubungan.

Al Haris berinisiatif dibangun jalur kereta api untuk angkutan barang, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada. Rel kereta api itu dari Sawahlunto Sumatera Barat ke Bungo lalu Merangin dan Sarolangun, lanjut ke Ujung Jabung.

“Pembiayaan rel kereta api itu pemerintah pusat. Kita buat jalan khusus angkutan barang. Kita juga bisa memanfaatkan arus sungai. Sungai kita bagus, Sungai Batanghari panjang,” terang Haris. ***

Kategori Politik

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.