Dubes Diminta Membuka dan Memperluas Perdagangan di Kancah Internasional

Setya Novanto

JAKARTA – Ketua DPR, Setya Novanto (Setnov), berharap 17 Duta Besar Dubes (Dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP), yang dilantik Presiden Joko Widodo, selain segera menjalankan misi diplomatik menjaga hubungan baik dengan negara sahabat, diantaranya membuka dan memperluas perdagangan Indonesia di dunia Internasional.

Menurut Setnov, Perwakilan Indonesia di berbagai negara sahabat itu, diyakini bisa menjadi jendela pemasaran yang efektif. Seiring dengan iklim ekonomi dalam negeri yang terus membaik, para Dubes juga bisa menarik investasi ke dalam negeri.

“Tak kalah penting, potensi pariwisata Indonesia juga harus dipromosikan secara maksimal, “ ujar Setnov di gedung DPR Jakarta, Senin (13/3).

Setnov menambahkan peningkatan potensi kerjasama di berbagai bidang juga perlu diperhatikan. Selain kerjasama di bidang sosial, ekonomi, dan pertahanan keamanan, para Dubes juga bisa meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan, terutama memperluas beasiswa pendidikan yang dapat diakes oleh saudara-saudara kita di dalam negeri.

“Dengan peran aktif para Dubes di berbagai negara, saya yakin Indonesia akan menjadi negara yang disegani dan dihormati,“ katanya.

Ke-17 Dubes LBBP yang baru dilantik berasal dari berbagai latar belakang, ada dari ilmuwan, aktifis, purnawirawan dan lain sebagainya.

“Tentu dengan latar belakang yang dimiliki, saya yakin para Dubes yang baru bisa menjalankan misi kenegaraan dengan baik, sesuai kebijakan Kementerian Luar Negeri yang telah digariskan Presiden Jokowi,“ katanya.

Mereka adalah, Drs Hasan Kleib, MA sebagai Dubes RI untuk Swiss di KBRI Jenewa. Drs Priyo Iswanto, MA Dubes RI untuk Kolombia di KBRI Bogota. Mayjen TNI (Purn) Dr Ir Arief Rachman, MM, MBA, Dubes RI untuk Afganistan di KBRI Kabul. Drs Rahmat Pramono, MA, Dubes RI untuk Kazakhstan di KBRI Astana. Prof Dr Ikrar Nusa Bhakti, Dubes RI untuk Tunisia di KBRI Tunis. Drs Nur Syahrir Rahardjo Dubes RI untuk Bahrain di KBRI Manama. Tantowi Yahya, Dubes RI untuk Selandia Baru di KBRI Wellington. Drs Darmansjah Djumala, MA Dubes RI untuk Austria di KBRI Wina. Drs Sahat Sitorus, Dubes RI untuk Timor Leste di KBRI Dili.

Selain itu, Drs Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, Dubes RI untuk Australia di KBRI Canberra. Drs Umar Hadi, MA, Dubes RI untuk Korea Selatan di KBRI Seoul. Drs I Gusti Ngurah Ardiyasa, Dubes RI untuk Sri Lanka di KBRI Kolombo. Prof Dr Yuddy Chrisnandi, ME, Dubes RI untuk Ukraina di KBRI Kiev. Ir Arifin Tasrif, dicalonkan Dubes RI untuk Jepang di KBRI Tokyo. Drs Andy Rachmianto, M.Phil, Dubes RI untuk Yordania di KBRI Amman. Dra R.A. Esti Andayani, Dubes RI untuk Italia di KBRI Roma. Komjen Pol (Purn) Sjahroedin Zainal Pagaralam, SH, Dubes RI untuk Kroasia di KBRI Zagreb, (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor :  M Asrori

Kategori Politik

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.