Dukung Peningkatan Ekonomi Desa, Asian Agri Bantu Bebek Petelur

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

Penyerahan bantuan bebek petelur di Desa Kehidupan Baru oleh Imam Setiyadi, pimpinan PT IIS Kebun Muara Bulian (ist)

INFOJAMBI.COM — Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia, Asian Agri bagian dari grup Royal Golden Eagle (RGE), mengelola group perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam dan beroperasi secara global.

Melalui salah satu unit bisnisnya, PT Inti Indosawit Subur (IIS) Kebun Muara Bulian, Asian Agri memberikan bantuan bebek petelur bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan ini merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang senantiasa berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu yang memiliki keterbatasan ekonomi.

“Sebagai perusahaan yang hidup berdampingan dengan masyarakat, kami ingin memberi manfaat bagi warga sekitar, terutama warga kurang mampu karena berkebutuhan khusus atau lansia,” kata Senior Manager PT IIS Kebun Muara Bulian, Imam Setiyadi.

Imam menjelaskan, bantuan yang diberikan berupa 330 ekor bebek petelur pada tahap pertama dari total 1.400 ekor bebek. Rencananya akan diberikan secara bertahap oleh Asian Agri wilayah Jambi.

Menurut Imam, bebek yang diberikan berumur 4-6 bulan. Warga tidak perlu menunggu lama untuk meraih hasilnya. Dalam pengelolaannya, perusahaan bekerjasama dengan Karang Taruna yang akan berkoodinasi dan diawasi oleh pihak terkait, seperti BPD dan ketua KUD.

Hal ini akan menjadi kegiatan positif bagi karang taruna desa. Selain menerima manfaat dari ternak bebek, mereka juga melakukan kegiatan sosial untuk warga berkebutuhan khusus maupun lansia yang membutuhkan bantuan financial.

“Harapan kami, bebek-bebek petelur ini dipelihara dan dikembangkan dengan baik, sehingga hasilnya dapat meringankan beban warga berkebutuhan khusus dan kaum duafa,” imbuh Setiyadi, saat serah terima bebek petelur di Desa Karya Mukti, Bukit Sari, Bulian Jaya dan Kehidupan Baru, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Batanghari, 29 Mei lalu.

Ayat Khumaini, Manager Plasma Kebun Muara Bulian menyampaikan hal senada. Dia berharap bantuan bebek petelur ini dirawat dengan baik agar memberikan manfaat yang berkesinambungan.

Momentum pemberian bantuan bebek petelur ini sangat tepat, apalagi saat ini warga desa yang merupakan bagian dari petani mitra perusahaan sedang menghadapi masa pasca replanting. Program CSR pemberian bebek petelur ini dapat menjadi pendapatan alternatif.

“Harapan saya bantuan ini dirawat dan dikembangkan dengan baik. Konsep yang kami berikan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat, dengan diberikannya bebek petelur masyarakat dapat lebih produktif dan berdaya secara ekonomi dan mendapat manfaat serta pendapatan berkelanjutan,” ujar Ayat.

Secara simbolis, bantuan diterima oleh Kepala Desa Kehidupan Baru, Hilal yang mengapresiasi bantuan yang diberikan. Hilal berjanji turut mengawasi dan menjaga agar bantuan yang diberikan dapat berjalan baik.

Mewakili empat desa penerima bantuan, yakni Desa Karya Mukti, Bukit Sari, Bulian Jaya, dan Kehidupan Baru, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Hilal menyampaikan terima kasih kepada PT IIS Kebun Muara Bulian yang memberi bantuan ternak bebek petelur bagi warga kami kurang mampu.

“Kami akan selalu mengawasi dan menjaga agar bantuan ini bisa berjalan baik dan bermanfaat secara berkesinambungan. Dengan adanya bantuan ini, mimpi kami ingin agar desa-desa kami bisa terwujud menjadi desa bebek, yang hasilnya dapat menopang perekonomian warga untuk kemajuan warga desa,” ujar Hilal.

Penyerahan bantuan bebek petelur dihadiri jajaran Manajemen PT IIS Kebun Muara Bulian, diantaranya Manager Plasma KLM Herman, KTU PT IIS–KLM Fadlan, Asisten Plasma KLM Afd IV Sumaji, Kades Desa Bukit Sari Atok, mewakili Kades Desa Bulian Jaya Hilal, Kades Desa Kehidupan Baru Joko Samudra, Ketua Karang Taruna Desa Bulian Roy Gandi Hutagalung, Ketua Karang Taruna Desa Karya Mukti Dede Harim, Ketua Karang Taruna Desa Bukit Sari, BPD Desa Bulian Jaya Maringan Sitompul, BPD Desa Karya Mukti. Acara ditutup dengan foto bersama. ***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.