Edi Purwanto Minta Pemerintah Evaluasi Kawasan Pangan dan Perhatikan Petani

Penulis : Rifky Hasibuan || Editor : Dodik

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto

INFOJAMBI.COM – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, menjadi narasumber dalam pertemuan koordinasi Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) 2021, di Hotel O Dua Weston, Jambi, Selasa (6/4/2021).

Pertemuan dihadiri kepala dinas ketahanan pangan se-Provinsi Jambi, dan para ketua DPRD kabupaten/kota.

Edi minta pemerintah dan instansi terkait mengevaluasi pelaksanaan Perda 15/2019 tentang Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

“Kita baru saja mengesahkan Perda tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi. Tapi saya lebih tertarik kita mengevaluasi pelaksanaan Perda 15/2019, khususnya terkait intensifikasi, ekstensifikasi dan pemberdayaan petani,” terang Edi.

Menurut Edi, terkait intensifikasi pertanian, pemerintah perlu menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan inovasi pertanian.

“Kampus harus kita dorong menemukan varietas baru, bagaimana panen bisa dua sampai tiga kali setahun. Bagi yang berhasil dalam berinovasi kita beri reward,” jelasnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini berharap pemerintah memberdayakan petani, dalam permodalan, akses pasar maupun pengetahuan.

“Petani harus kita berdayakan, petani kita harus naik kelas, sehingga tidak ada lagi alih fungsi lahan pertanian,” ujar Edi. ***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.