Enam Calon Sekda Kota Jambi Paparkan Program Kerja

INFOJAMBI.COM — Seleksi terbuka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi memasuki babak baru. Sebanyak enam dari tujuh orang pendaftar yang sebelumnya lulus seleksi administrasi dan telah mengikuti assessment oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Jatinangor, Jawa Barat, diwajibkan mengikuti tahapan presentasi makalah dan wawancara.

Enam orang calon Sekda Kota Jambi, yaitu Ir H Budidaya M.For.Sc, Drs HM Ridwan M.Si, Subhi S.Sos MM, Masherudin SH, M.Si, Drs HR Erwansyah MM dan Drs Syahril Samingin MM, mempresentasikan makalah yang telah dibuat ke Tim Panitia Seleksi yang diketuai Prof DR H Syamsurizal Tan SE MA, Selasa (29/8), di aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Jambi.

Secara bergantian dihadapan tim pansel, mereka mempresentasikan stretegi dan pemikirannya dalam bentuk makalah yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi jabatan seorang sekretaris daerah. Seluruh peserta yang mengikuti tahapan tes dinilai kemampuan terbaiknya dalam tehnik mempresentasikan makalah, penyajian materi, sistematika dan alur pikir dalam penyajian makalah, keterkaitan substansi makalah dengan tupoksi sebagai seorang sekda, serta efektifitas dalam penggunaan waktu.

Selain presentasi makalah, di hari yang sama seluruh peserta juga langsung menghadapi tahapan wawancara dengan Tim Pansel. Dari hasil wawancara akan diketahui dan dinilai kemampuan terbaik dalam bidang penganggaran, kepegawaian/SDM, legislasi, maupun keseimbangan kemampuan birokrasi dan wawasan lainnya.

Sebagai seorang calon Sekda Kota Jambi, salah satu kota besar yang memiliki segudang kompleksitas dan tantangan, seorang sekda sudah tentu akan menjadi andalan dalam mendampingi tugas kepala daerah sesuai tupoksinya. Oleh karena itu, kompetensi tambahan mutlak dimiliki seorang sekda di Kota Jambi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, dalam sesi presentasi, Syamsurizal Tan sebagai Ketua Tim Pansel lebih menekankan sesi wawancara pada aspek best practice yang akan diimplementasikan oleh seluruh peserta dalam menjalankan tugasnya dimasa akan datang. Sesekali dia melayangkan pertanyaan dalam bahasa Inggris kepada peserta, tentu saja wajib dijawab dengan bahasa internasional tersebut pula. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.