Fachrori Canangkan Kampung Budaya dan Sadar Wisata

Penulis : Tim Liputan
Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mencanangkan Kawasan Danau Sipin, Kota Jambi, tepatnya Kampung Tanjung Belimbing, menjadi kawasan Kampung Budaya dan Sadar Wisata, Jum’at (29/11/2019) sore.

Pembenahan kawasan kumuh dan pencanangan kawasan kampung budaya dan sadar wisata sudah dilakukan gubernur di Kabupaten Sarolangun dan Bungo.

Kegiatan ini bertajuk sosialisasi dan gotong royong pengurangan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan, dalam rangka Hari Bhakti ke-74 Pekerjaan Umum di Provinsi Jambi, menuju “Provinsi Jambi Bebas Kumuh”.

Gubernur juga menyerahkan bantuan Rp.15 juta untuk pembangunan WC komunal. Ada pula bantuan pembangunan mushala senilai Rp.5 juta.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama, dalam rangka pengurangan kekumuhan dan peningkatan kualitas lingkungan kawasan Tanjung Belimbing Danau Sipin Lestari, Kota Jambi, menjadi kawasan kampung budaya dan sadar wisata.

Fachrori mengatakan, keberadaan pemukiman kumuh di Provinsi Jambi seluas 1.841 hektare yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Hal ini berdasarkan SK yang ditetapkan bupati dan walikota se-Provinsi Jambi.

“Ini menjadi tugas bersama menatanya menjadi lebih layak. Saya mendukung dan mengapresiasi Dinas PUPR Jambi dan pihak terkait, yang menata kawasan Danau Sipin menjadi Danau Sipin Lestari. Danau Sipin ditata menjadi destinasi wisata andalan baru dan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Fachrori.

Gubernur mengapresiasi Dinas PUPR Provinsi Jambi yang akan mewujudkan pembangunan dan pengembangan perumahan serta kawasan pemukiman, sekaligus menguatkan koordinasi dan sinergitas pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi.

Perkembangan pemukiman kumuh di Provinsi Jambi perlu diantisipasi. Pemerintah provinsi telah melaksanakan berbagai kegiatan penanganan pemukiman kumuh, sebagai upaya mengatasi masalah menurunnya kualitas lingkungan permukiman, tingginya angka kemiskinan, dan kurang berkembangnya fungsi perkotaan.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Fauzi menyampaikan, kegiatan ini sebagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti PU. Dinas PUPR Provinsi Jambi juga mencanangkan Kampung Tanjung Belimbing Danau Sipin Kota Jambi menjadi Kawasan Kampung Budaya dan Sadar Wisata, menjadi kampung budaya yang sadar kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta menjadi destinasi wisata baru yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. (MAR)

Kategori Provinsi

Tags: ,,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.