Fachrori : Atasi Kelemahan Pembangunan Desa, Kapasitas Pendamping Harus Ditingkatkan

ADVERTORIAL

Plt Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, sematkan tanda peserta pelatihan kapasitas PLD.

INFOJAMBI.COM – Guna meningkatkan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa menuju Desa Mandiri, perlu dilakukan upaya strategis dengan meningkatkan kapasitas pendamping lokal desa.

Harapannya untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa berkelanjutan dan pada akhirnya meningkatnya kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa.

Pernyataan itu disampaikan Plt Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, dihadapan 382 orang peserta pelatihan peningkatan kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) Provinsi Jambi, tahun 2018, di salah satu hotel di Kota Jambi, Sabtu (25/8/2018).

Menurut Fachrori, soal kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif desa membangun, disadari masih memiliki keterbatasan.

Disebutkan Fachrori keterbatasan itu, misalnya kapasitas aparat pemerintahan desa, kualitas tata kelola desa, sistem regulasi dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan Desa juga masih lemah.

“Dampaknya kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan desa, jadi kurang optimal dan kurang memberi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa,”kata Fachrori.

Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi, Dra Luthpiah, mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas PLD yang dilaksanakan ini, merupakan rangkaian kegiatan dari program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pelatihan yang diadakan lima hari, 24-28 Agustus 2018 ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas PLD dalam hal peningkatan pemahaman konsep program Inovasi desa dan lainnya. Persisnya, terkait pengelolaan pengetahuan dalam rangka percepatan pelaksanaan program inovasi desa,” ungkap Luthpiah. ( Raihan/Mulyadi )

Editor : M Asrori S

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.