Senin, 19 November 2018 | 20:49

Fachrori : MTQ Salah Satu Cara, Memaknai Arti dan Keindahan Al-Qur’an

ADVERTORIAL

INFOJAMBI.COM –  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum mengemukakan, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) salah satu upaya untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al-Qur’an dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah AWT, demikian dikemukakannya, saat Menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVII Tahun 2018, bertempat di Arena Utama (ASTAKA) Jln. Willem Iskandar Medan Provinsi Sumatera Utara5g yang di Buka Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang didamping Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Minggu (7/10/2018)

“MTQ wahana mencetak generasi Qur’ani, yaitu generasi yang mencintai dan mengamalkan Al Quran, serta mampu memposisikan dirinya sebagai agen perubahan dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat.” kata Fachrori.

Fachrori juga menjelaskan kafilah Provinsi Jambi yang mengikuti MTQ Nasional ke 27 Tahun 2018 di Medan ini berjumlah 44 orang, terdiri dari 22 orang laki laki dan 22 orang perempuan. “ Saya mengharapkan para kafilah Provinsi Jambi dapat mengikuti musabaqoh pada semua cabang yang diperlombakan pada MTQ Nasional ke 27 Tahun 2018. Kita harus meyakini kepada kafilah yang diutus, Insya Allah bisa meraih prestasi ditingkat nasional ini,” jelas Fachrori.

 

Plt Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum dan Isteri saat menghadiri pembukaan MTQ 2018 di Medan (foto Humas)

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan, bangsa indonesia saat ini sedang diberi ujian dan cobaan, khususnya masyarakat Sulawesi Tengah dan NTB. “Rentetan gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter yang diikuti gelombang tsunami di Donggala, Sulawesi Tengah, telah merengut korban lebih dari 1600 jiwa dan rempetan gempa bumi Nusat Tenggara Barat sebelumnya juga menelan korban lebih 500 jiwa, ini adalah ujian dari Allah bagi orang-orang yang beriman islam mengajarkan kita untuk bersabar dan berikhtiar secara maksimal serta mengingstropeksi diri dan mawas diri setiap menghadapi musibah.” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, bahwa Al-Qur’an adalah pedoman mulia umat Islam untuk keluar dari fase penuh kebodohan menuju nur atau cahaya yang sangat terang. Al-Qur’an juga menjadi petunjuk bagi manusia dan penjelasan tentang yang hak dan bathil. “Al-Qur’an menjadi sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi untuk mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang akhirnya kemajuan bagi kehidupan manusia.” kata Jokowi.

Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk memandang MTQ bukan hanya sebagai acara rutinan dan ajang adu kepintaran, melainkan lebih dari itu, menjadikan MTQ sebagai suntikan energi bagi umat Islam di Indonesia untuk membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Marilah kita merenungkan dan memahami maknanya dan bagaimana setelah itu kita menjalankan petunjuk dalam Al-Qur’an untuk memperkokoh akhlakul karimah, membangun kehidupan yang beradab menerapkan ide-ide besar, ide-ide yang mulia dalam Al-Qur’an untuk kemaslahatan umat dan bangsa Indonesia,” ajak Jokowi.

Selain itu Jokowi juga berharap kepada masyarakat agar MTQ ini menjadi salah satu sumber kesejukan sehingga terjalin dengan baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah.

Suasana mimbar tilawah saat pembukaan MTQ Nasional di Medan (foto Humas)

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Letjend TNI Purn Edy Rahmayadi mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan seluruh kafilah MTQ Nasional ke XXVII tahun 2018 dan berharap, dengan kehadiran kafilah akan dapat membumikan Al-Qur’an dan memberikan keberkahan bagi Provinsi Sumatera Utara.

“MTQ merupakan salah satu event dan momentum mendekatkan diri kepada kitab suci Al-Qur’an yang merupakan pedoman didalam hidup dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan menjadi momentum menggelorakan semangat bersama memajukan dan mewujudkan Sumatra Utara bermartabat,” pungkas Edi. (Sapra Wintani/Roni Azhari).

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.