Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:41

Fachrori Sambut Api Obor Asian Games 2018

Laporan Tim Liputan

INFOJAMBI.COM — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, menyambut kedatangan Tim Torch Relay (kirab obor) Asian Games 2018, di Bandara Sultan Thaha Jambi, Jum’at (3/8/2018).

Api Obor Asian Games 2018 ini datang dari Sumatera Barat, dibawa oleh rombongan Indonesia Asian Games Organizing Committe (INASGOC). Api Obor diserahkan kepada Plt Gubernur Jambi, didampingi Sekda Provinsi Jambi, Drs HM Dianto M.Si dan Walikota Jambi, H Syarif Fasha.

Api Obor dibawa ke Jambi menggunakan pesawat Hercules TNI AU. Api obor dibawa oleh Danlanud Kolonel Heri Sutrisno, lalu diserahkan kepada Plt Gubernur Jambi. Api Asian Games kemudian dibawa ke Kawasan Percandian Muaro Jambi.

Dari Muaro Jambi, api Asian Games dibawa ke rumah dinas Gubernur Jambi. Plt Gubernur Jambi minta masyarakat Jambi bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Asian Games.

Antusias masyarakat Jambi menyambut kedatangan Api Asian Games sangat luar biasa. Di sepanjang jalan masyarakat dan anak sekolah melimpah ruah menyambut kedatangan api obor tersebut di Provinsi Jambi.

Api Obor Asian Games dibawa oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha, dari depan kantor BPS Provinsi Jambi sampai ke gapura Kantor Gubernur Jambi. Api lalu dibawa oleh Sekda Provinsi Jambi, HM Dianto sampai ke panggung utama di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.

Api ini kemudian dibawa oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs Muchlis AS MM dan diserahkan kepada Plt Gubernur Jambi.

Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengungkapkan, Kirab Obor Asian Games 2018 di Provinsi Jambi turut mempromosikan Jambi di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Selain sebagai ajang sosialisasi, torch relay ini juga mempromosikan destinasi wisata, seni budaya dan potensi daerah di Indonesia kepada mancanegara, yang dirajut menjadi rangkaian festival budaya Nusantara, sehingga memberi dampak positif bagi pariwisata Jambi, serta simbol pertemanan dan semangat Asian Games di seluruh Indonesia,” ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, rangkaian kegiatan torch relay Asian Games dimulai sejak 17 Juli 2018, di Kota Yogyakata, yang akan menempuh 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi, dari Aceh sampai Papua Barat. Api Asian Games tiba di Jambi merupakan penghargaan bagi Provinsi Jambi.

“Semoga kegiatan ini memberi pengaruh positif bagi pariwisata Jambi, mampu menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Diharapkan Indonesia pada Asian Games 2018 bisa mengukir prestasi membanggakan,” harap Fachrori.

Sementara itu, Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparat keamanan yang telah menjaga keamanan dan ketertiban kegiatan torch relay Asian Games di Provinsi Jambi.

“Semoga pawai api obor Asian Games ini berjalan lancar. Saya mengharapkan Indonesia pada Asian Games 18 bisa menorehkan prestasi terbaik,” kata Kapolda.

Berbagai tarian budaya Provinsi Jambi, seperti Tari Kedidi, Tari Mahligai Kaco dari Kabupaten Kerinci, Tari (baru) Jago Negeri yang diperagakan anak-anak sekolah, Tari Batik, penampilan pencak silat oleh 500 orang anggota perguruan silat Jambi, senam atletik, memeriahkan acara.

Masyarakat antusias menyaksikan Jambi Torch Relay, baik anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, hingga orang tua memadati Lapangan Kantor Gubernur Jambi, menyaksikan acara tersebut. (Richi/Mulyadi)

 

Kategori Olahraga

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.