Fachrori Umar – Ridwan Kamil Teken Kesepakatan Kerjasama Daerah

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Fachrori Umar menandatangani Kesepakatan Kerjasama Pemerintah Provinsi Jambi dan Jawa Barat, di Gedung Pakuan Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (12/3/2020).

Kerjasama tersebut meliputi delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni inspektorat, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Dinas Kehutanan, Biro Pembangunan dan Kerjasama.

Ada delapan naskah perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh OPD kedua provinsi, yaitu misi dagang komoditi unggul daerah, pengembangan sektor energi dan SDM, pembangunan kehutanan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan inovasi, penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II, peningkatan kapasitas pengelolan pendapatan dan retribusi. layanan konsultasi pengaduan, replika aplikasi perjalanan dinas luar negeri.

Fachrori mengatakan, Kerjasama Pemerintah Provinsi Jambi dan Jawa Barat untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah, guna percepatan pencapaian sasaran pembangunan antar daerah dan nasional.

Fachrori mengapresiasi Gubernur Jawa Barat dan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas kesepakatan kerjasama yang terjalin, dan berharap agar kerjasama Jambi dengan Jawa Barat berkelanjutan.

“Kerjasama ini bagian dari upaya meningkatkan pembangunan Provinsi Jambi, demi kemajuan Provinsi Jambi. Kerjasama ini untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi yang dimiliki Provinsi Jambi, baik Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam dan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptekin),” ujar Fachrori.

Fachrori minta seluruh OPD yang telah melakukan penandatanganan kerjasama cepat menjabarkan kerjasama dalam wujud implementasi (pelaksanaan) hal-hal yang dikerjasamakan.

“Saya berharap kerjasama ini benar-benar bermanfaat, bisa mendorong kemajuan Provinsi Jambi, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi,” ungkap Fachrori.

Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mengalami transformasi, yakni dengan banyaknya menggunakan teknologi dalam melaksanaan fungsi pemerintahan.

Selama 16 bulan belakangan banyak beralih ke teknologi ternyata bisa menambah produktivitas kinerja pemerintahan Jawa Barat. Salah satunya pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa melalui Tokopedia dan aplikasi lain.

“Kita tidak harus membuat aplikasi, tinggal titipkan ke e-commerce, dan peningkatan pendapatan dari pajak bisa berlipat-lipat, hanya karena kita mengubah cara,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyampaikan, akhir-akhir ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa lebih tenang setelah dibentuknya Unit Anti Hoaks.

Ridwan Kamil menyampaikan salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni Desa Digital. Tiap desa dibantu satu unit computer dan difasilitasi dengan aplikasi e-commerce, sehingga semua desa bisa memasarkan produknya secara online.

Ridwan Kamil mengungkapkan, dengan program Desa Digital dan berbagai teknologi yang digunakan dalam mendukung pemerintahan, terbukti bisa menurunkan kemiskinan di Jawa Barat, yang tahun lalu merupakan penurunan kemiskinan tercepat se-Indonesia, dari 7,25 % menjadi 6,82 %

Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi Jawa Barat, H Daud menyampaikan, kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Jambi telah berlangsung sejak 2017, dengan ruang lingkup e-samsat, SKP online, dan periizinan yang sudah berakhir tahun 2019. Sekarang diperpanjang dan sektor kerjasama diperluas, sebagai upaya melakukan percepatan pembangunan.

Ruang lingkup replikasi Kerjasama adalah Kelautan dan Perokanan, tenaga kerja, perkebunan, kehutanan, pertanian, perindustrian dan (perdagangan), energi dan sumber daya mineral, pengembangan sumber daya aparatur, pengembangan pelayanan publik, pendapatan daerah, teknologi informasi, dan penelitian dan pengembangan daerah.

Sebelum penandatanganan kesepakatan kerjasama dilakukan, rombongan Pemerintah Provinsi Jambi yang dikoordinir oleh Asisten Sekda Bidang Ekbang dan Kessos, Agus Sunaryo, meninjau Command Center Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang dioperasikan oleh Dinas Kominfo.

Command Center digunakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengkomunikasikan, mengkoordinir, dan memonitor berbagai hal di Jawa Barat menggunakan aplikasi teknologi dengan tampilan empat unit monitor yang sangat besar, termasuk mengkoordinir upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Setelah penandatanganan kesepakatan kerjasama, Agus Sunaryo dan rombongan meninjau display Dekranasda Jawa Barat. #MH

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.