Fadhilah Sadat Ajak Semua Elemen Kembangkan Batik Tanjung Jabung Barat

Penulis : Alfatih | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hj Fadhilah Sadat, mengajak semua elemen masyarakat bangga dan turut mengembangkan batik khas daerah mereka.

Istri Bupati Tanjung Jabung Barat ini berharap batik khas kebanggaan Tanjung Jabung Barat bisa bersaing baik di tingkat nasional, bahkan internasional.

Hal itu diungkapkan Fadhilah pada kegiatan pelatihan membuat batik motif khas Tanjung Jabung Barat, di pelataran Food Corner, Kuala Tungkal, Kamis (27/5/2021).

“Saya mengajak semua elemen masyarakat mengenalkan dan mengembangkan batik khas kebanggaan negeri kita ini,” ucapnya.

Pelatihan membatik ini diselenggarakan oleh Dekranasda Tanjung Jabung Barat, bekerja sama dengan Dinas KUKM dan Perindag, melibatkan 33 orang peserta yang berasal dari lima kecamatan.

Menurut wanita yang akrab disapa Umi Dilah ini, pelatihan dilakukan sebagai upaya dan langkah awal mengembangkan dan mengenalkan produk dalam negeri, terutama Batik Tanjung Jabung Barat.

“Inovasi ini ditujukan untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap produk-produk buatan negeri sendiri. Saat ini sudah ada 40 corak atau motif batik khas Tanjung Jabung Barat,” jelas Umi Dilah.

Kepala Dinas KUKM dan Perindag Tanjung Jabung Barat, Safriwan, menyatakan,  beberapa motif batik khas Tanjung Jabung Barat diantaranya motif ikan cempakul (glodok), motif seafood, motif daun kelapa, dan motif mangrove.

“Insya Allah melalui pelatihan ini akan dikembangkan beberapa motif baru yang tidak kalah saing dengan motif batik daerah lain,” tandasnya.

Bupati Tanjung Jabung Barat, H Anwar Sadat, akan mewajibkan ASN di Pemkab Tanjung Jabung Barat memakai batik pada hari kerja tertentu. Ini seiring dengan upaya membudayakan dan melestarikan batik daerah. ***

Kategori Tanjung Jabung Barat,Wanita dan Keluarga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.