Minggu, 21 Januari 2018 | 09:38

Fadli Zon: Pemerintah Wajib Bantu Pramuka

Anggota DPR RI, Fadli Zon (kanan).

INFOJAMBI.COM -Plt Ketua DPR RI, Fadli Zon, meminta Pemerintah selalu mendukung Gerakan Pramuka. Sebab, suka tidak suka, Pramuka sudah banyak memberi kontribusi besar, bagi pembangunan bangsa dalam hal pembentukan karakter.

“Apa yang disampaikan Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault itu sangat penting, bahwa Pramuka adalah organisasi pendidikan yang sudah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa ini. Karena itu Pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih,” ujar Fadli di DPR, Selasa (10/1).

Dukungan yang dimaksudkan tak sekadar moril, tapi juga dalam persoalan anggaran. Sebab, sesuai amanat UU No. 12 Tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka, Pemerintah wajib memberikan dukungan materil dan moril kepada Pramuka dari tingkat pusat sampai daerah-daerah.

“Sudah menjadi amanat UU, Pemerintah wajib memberikan dukungan kepada Pramuka, tidak boleh dipersulit lagi,” jelasnya.

Fadli melihat, kegiatan Pramuka begitu banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengelola organisasi sebesar Gerakan Pramuka, tentu membutuhkan anggaran yang cukup. Karenanya, ia merasa miris ketika mengetahui anggaran Kwarnas Gerakan Pramuka belum diturunkan, bahkan tidak diberikan.

“Pramuka itu potensinya besar, kegiatan banyak, Pemerintah sudah banyak dibantu dengan adanya Gerakan Pramuka. Tentu Pemerintah juga harus menyadari dengan memberikan perhatian dan dukungan yang lebih kepada Pramuka, khususnya menyangkut anggaran,” tuturnya.

Fadli sangat mengapresiasi kinerja Kwarnas Gerakan Pramuka. Dia mengakui, kerja-kerja sosial di masyarakat yang sifatnya sukarela, Pramuka nomor satu. Saat melakukan kunjungan kerja di daerah, Fadli kerap melihat aksi-aksi Pramuka di lapangan.

“Peran Pramuka memang luar biasa, saya sering melihat melihat Pramuka, kinerjanya menyangkut berbagai aspek, misalnya dalam penanganan bencana pasti saya lihat ada Pramuka di situ,” jelasnya.* ( Humas Kwarnas )

 

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.