Fahira : Usia Produktif Jadi Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : DORA

Fahira Idris

INFOJAMBI.COM — Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkapkan, sebagai populasi terbesar di Indonesia, pemuda menjadi satu-satunya harapan untuk terus mendenyutkan ekonomi Indonesia dan sebagai penyangga untuk meretas ketimpangan yang semakin tajam. Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia usia 20 tahun hingga 40 tahun di tahun 2020 diperkirakan berjumlah 83 juta jiwa atau 34 persen dari total penduduk Indonesia yang mencapai 271 juta jiwa.

“Jadi usia 20-40 ini adalah usia produktif yang akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini dan ke depan. Nah, salah satu cara paling efektif memperkecil kesenjangan adalah memperbanyak kelas menengah, memberdayakan kelas menengah, dan menguatkan kelas menangah, ” kata Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (28/10/2019).

Fahira menegaskan saat ini, kelas menengah Indonesia didominasi kaum muda Indonesia. Semakin banyak kelas menengah Indonesia maka kesenjangan akan semakin turun. Wajah Indonesia saat ini dan ke depan akan sangat ditentukan pertemuan tiga entitas. Yakni kombinasi antara masyarakat urban, kelas menengah, dan milenial yang mayoritasnya—adalah kaum muda.

“Kaum muda jika diberdayakan dan dikuatkan maka akan menjadi peretas kesenjangan di negeri ini, ” kata senator DKI Jakarta itu.

Ditegaskan Fahira, ekonomi Indonesia akan ‘meroket’ jika Pemerintah saat ini mempunyai kebijakan dan solusi cerdas untuk menciptakan ekosistem memperbanyak lahirnya kelas menengah lewat pemberdayaan dan penguatan masyarakat terutama kaum muda.

“Namun, jika ekosistem ini tidak diseriusi, Indonesia sampai kapanpun tidak akan mengalami lompatan ekonomi,” ujar Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini. ***

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.