Minggu, 19 November 2017 | 04:15

Fasha Mulai Tradisi Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Jambi Raden Mattaher

DR H Syarif Fasha ME

INFOJAMBI.COM — Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi, Senin pagi (13/11/2017).

Upacara diikuti seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi, Forkompimda, unsur TNI/Polri, Veteran Pejuang, Isteri Pejuang, Pelajar dan Mahasiswa, serta OKP dan Ormas se-Kota Jambi tersebut, berlangsung khidmat.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia menyampaikan, momentum Hari Pahlawan harus dimaknai sebagai upaya dan kesadaran untuk terus mengemban semangat juang para pahlawan, sebagai bagian dalam meneruskan perjuangan membangun negeri.

“Pejuang dan pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita setelah kemerdekaan diraih, yaitu agar kita terus bersatu, bernegara secara berdaulat, adil dan makmur. Dengan bersatu, kita dapat maju bersama, mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Fasha.

Ia menambahkan, terbangunnya persatuan Indonesia lahir dari harapan dan pengorbanan. Harapan akan masa depan yang lebih baik harus senantiasa terjaga dan hidup lestari di jiwa raga bangsa Indonesia.

“Mari bersama untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri ini,” tambah Fasha.

Dalam upacara tersebut juga dilakukan pembacaan Pesan-pesan Pahlawan yang dibacakan oleh H. Kholil Ketua LVRI Provinsi Jambi.

Sementara itu, sudah menjadi tradisi sejak dimasa kepemimpinan Wali Kota Syarif Fasha, usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan di Balaikota, Wali Kota Syarif Fasha menjamu khusus para veteran maupun janda veteran yang hadir pada upacara tersebut. Fasha juga berkesempatan menyerahkan bingkisan “Tali Asih”, kepada para pejuang bangsa itu.

Kepada sejumlah awak media, usai pelaksaaan upacara bendera tersebut, Fasha berpesan khusus untuk seluruh masyarakat Kota Jambi agar selalu melindungi dan menyayangi para veteran dan keluarga pejuang.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Jambi untuk selalu menyayangi dan melindungi para veteran pejuang dan keluarga pahlawan, terutama yang tidak mampu. Karena pada hakikatnya kita tidak akan mampu membalas segala pengorbanan dan perjuangan heroik mereka, yang ikhlas berjuang, merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Kita adalah generasi yang tinggal menikmati dan mengisi pembangunan. Kalau bukan kita yg menghargai jasa pahlawan siapa lagi,” ajak Fasha.

Sementara itu, ada yang berbeda dalam rangkaian peringatan upacara Hari Pahlawan di Kota Jambi pada tahun ini. Wali Kota Jambi Syarif Fasha memulai tradisi baru yaitu Ziarah dan Tabur Bunga di makam pahlawan Jambi Raden Mattaher, yang berlokasi di pinggir Danau Sipin Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin. Pemilihan makam tersebut bukan tanpa sebab. Bagi Fasha keberadaan makam keturunan Raja Jambi Sultan Thaha tersebut, agak sedikit terlupakan.

“Tahun ini kami khususkan memulai tradisi Ziarah dan Tabur Bunga di makam pahlawan Raden Mattaher di Komplek Taman makam Raja-raja Jambi dan Kesultanan Negeri Melayu Jambi Tanah Pilih Pusako Batuah ini,” terang Fasha.

Selain mengungkapkan semangat kepahlawanan Raden Mattaher yang patut menjadi tauladan, Fasha juga berencana dalam waktu dekat akan memugar kawasan pemakaman tersebut bersama instansi terkait dan ahli waris.

“Kepahlawanan beliau tidak kalah heroiknya dengan pejuang nasional lainnya. Kami akan memugar dan memperbaiki makam pahlawan ini, sehingga layaknya sebagai makam pahlawan pejuang Jambi. InsyaAllah akan menjadi tradisi setiap tahun untuk ziarah disini. Semoga hal kecil ini dapat menggugah masyarakat Kota Jambi untuk datang dan berziarah kemakam beliau dan kita akan selalu ingat jasa perjuangan almarhum,” sebut Fasha.

Ziarah makam dan tabur bunga di kompleks pemakaman Raja-Raja Jambi tersebut diawali dengan prosesi penghormatan, tabur bunga serta ditutup dengan doa. Tampak Wali Kota Syarif Fasha didampingi unsur Forkompimda dan jajaran Pemkot Jambi serta ahli waris memimpin penghormatan dan tabur bunga tersebut. (***)




Kategori Kota Jambi

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.