Fasha Pimpin Alumni Menwa Ikuti Apel Akbar IARMI di Malang, Zulkifli Hasan Beri Apresiasi

INFOJAMBI.COM – Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, yang juga sebagai Ketua DPP Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Provinsi Jambi memimpin anggota resimen dan pengurus IARMI Provinsi Jambi mengikuti Apel Akbar dalam rangka Hari Ulang Tahun Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia ke 37 dan Sarasehan Bela Negara yang berlangsung di Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Malang, dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2017.

Sedikitnya puluhan ribu orang dari unsur DPN, DPP IARMI dan anggota Resimen Mahasiwa dari seluruh Indonesia turut hadir dalam acara akbar yang bertemakan “Senantiasa di Garda Terdepan dalam Merawat Kebhinnekaan Indonesia” itu.

Acara akbar HUT IARMI Ke – 37 tersebut juga turut dihadiri sejumlah pejabat sipil dan militer yang berlatar belakang anggota Resimen Mahasiswa saat mengenyam masa kuliah dulu. Seperti Ketua MPR RI, Anggota DPR RI, sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Lembaga Negara, sejumlah kepala daerah seperti Gubernur, Wali Kota dan Bupati, di samping sejumlah Direktur BUMN dan BUMD.

Selain gelar pasukan dan atraksi terjun payung serta menembak, kegiatan tersebut juga memberikan banyak kejutan khususnya bagi para alumni resimen mahasiswa yang sekarang bernaung di IARMI. Diantaranya seperti bernostalgia dengan menginap di barak militer, bongkar pasang senjata, serta kegiatan wisata alam lainnya.

Panitia Nasional juga menggelar Sarasehan Bela Negara dengan salah satu pembicaranya Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME di LANAL Malang dan Festival Kuliner UMKM IARMI serta Pentas Seni di Lapangan Rampal. Selain itu juga digelar lari maraton dengan tajuk IARMI Midnight Run 10 K yang berlangsung di tengah malam melintasi landmark Kota Malang dengan mengambil start juga dari Lapangan Rampal.

Sementara itu prosesi upacara peringatan HUT IARMI yang bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, dipimpin langsung oleh inspektur upacara Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional IARMI, DR (Hc) H. Zulkifli Hasan, SE, MM yang juga Ketua MPR RI, Sabtu pagi (28/10).

Dalam amanahnya, ketua DPN IARMI, Zulkifli Hasan, mengatakan, pengurus IARMI serta anggota korps Resimen Mahasiswa yang tersebar diseluruh wilayah NKRI harus menjadi pelopor, agen dan motor penggerak perekat Kebhinnekaan.

Zulifli juga mengingatkan agar alumni Menwa harus menjadi garda terdepan dalam menerapkan komitmen Sumpah Pemuda dengan semboyan ‘Pejuang Pemikir, dan Pemikir Pejuang’.

“Hari ini IARMI genap berusia 37 tahun, selama kurun waktu tersebut IARMI selalu berbuat dan berkomitmen untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini, baik secara organisasi maupun pribadi dalam tugas profesi masing-masing. Dengan jiwa militasi yang tinggi tersebut, IARMI harus mampu menjadi pelopor, agen dan motor penggerak dalam menanamkan serta menularkan jiwa cinta tanah air kepada lingkungannya dimanapun berada,” ujar Zulkifli Hasan.

Sementara itu, usai memimpin upacara, saat menjumpai delegasi dari berbagai daerah, ketua DPN IARMI Zulkifli Hasan mengungkapkan rasa bangganya atas kehadiran pengurus IARMI berikut anggota Resimen Mahasiswa dari seluruh penjuru nusantara termasuk utusan dari Provinsi Jambi.

Wakil Ketua DPP IARMI Provinsi Jambi, Drs. Ec. Mardjani, MM, mengungkapkan, bahwa ketua DPN IARMI yang juga ketua MPR RI itu sempat menyampaikan apresiasinya kepada utusan DPP IARMI Provinsi Jambi yang hadir cukup banyak, yaitu dengan jumlah 30 personil.

“Beliau (Zulkifli Hasan-red) mengapresiasi DPP IARMI Provinsi Jambi yang hadir sebanyak 30 orang personil,” ungkap Mardjani.

Mardjani menambahkan, Zulkifli Hasan juga mengagumi Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha sebagai sosok kepala daerah yang sukses dan aktif diberbagai kegiatan keorganisasian. Terlebih lagi sosok Syarif Fasha dinilai mampu membesarkan organisasi IARMI di Provinsi Jambi.

“Sebagai sama-sama dari alumni Menwa, jadi beliau sudah lama saling kenal dan sering bertemu dalam berbagai kegiatan. Pak Zulkifli berharap pak Fasha dapat membesarkan dan mengembangkan organisasi tempat bernaungnya alumni Menwa di Provinsi Jambi yang sudah hampir redup ini,” tambah Mardjani.

Menurut Mardjani, Zulkifli Hasan juga sosok ketua yang peduli kepada korps IARMI. Beliau juga sangat mendukung sejawatnya yang berhasil diberbagai bidang.

“Beliau juga sosok ketua yang peduli dan perhatian kepada semua sejawatnya di IARMI. Beliau mendukung kesuksesan pak Fasha untuk melanjutkan pembangunan Kota Jambi. Beliau juga berharap semua sejawatnya dapat memanfaatkan ruang pengabdian seluas-luasnya untuk menjadi abdi negara,” terang Mardjani.

Sementara itu, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, saat dimintai tanggapannya, mengatakan peringatan HUT ke 37 IARMI itu harus menjadi momentum untuk memperkuat perannya ditengah-tengah masyarakat, termasuk di Provinsi Jambi. Fasha juga menuturkan, Resimen Mahasiswa memiliki peran strategis dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI dengan Sishankamratanya.

“Resimen Mahasiswa adalah kekuatan sipil yang terlatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sishankamrata. Mereka merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung serta bela diri militer. Penguatan peran IARMI harus dibuktikan dengan kerja nyatanya termasuk di Provinsi Jambi. Semangat momentum hari lahir ini harus dimaknai sebagai momentum perwujudan penguatan peran IARMI ditengah-tengah masyarakat. Selamat hari ulang tahun IARMI ke 37,” tutup Fasha.

Tampak turut mendampingi Wali Kota Syarif Fasha dalam acara tersebut, beberapa pejabat OPD Pemkot Jambi yang juga alumni Resimen Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi IARMI, yaitu Plt. Sekda Kota Jambi H. Obliyani, Asisten Ekbang H. R. Erwansyah, Kasat Pol PP H. Yan Ismar, kepala BPPRD Subhi, kepala Dinas Pemadaman dan Penyelamatan Ridwan, Dirut PDAM Erwin Jaya Zuchri, Kepala Bagian Keuangan Nella Ervina, Kepala Bagian Pemerintahan Ramlansyah, serta beberapa pejabat eselon III lainnya. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.