Fasha Terima Kasih Pembangunan Keris Siginjai Banyak Masukan

KOTAJAMBI — Pembangunan Tugu Keris Siginjai menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Menanggapi hal itu, Walikota Jambi, H Syarif Fasha mengaku senang.

Beragam respon datang dari sejumlah tokoh masyarakat Kota Jambi. Menurut Fasha, kritik dan saran tersebut merupakan masukan bagi dirinya dalam pembangunan Tugu Keris Siginjai.

“Saya ucapakan terimakasih kepada warga yang mengkritisi, karena kritik itu sifatnya membangun,” kata Fasha seusai menghadiri halal bi halal, di Lapangan Tenis Diknas Kota Jambi, Sabtu (22/7).

Fasha mengatakan, pembangunan Tugu Keris Siginjai bukan sepenuhnya merobohkan Tugu Monas yang lama, tapi hanya mempercantik dan mengganti sebahagian dari tugu aslinya. Ujungnya diganti dengan ikon sejarah Jambi berupa Keris Siginjai.

“Saya membangun Tugu Keris itu bukan merobohkan yang lama. Tidak. Bangunannya tetap ada, hanya akan mempercantik, ujungnya diganti dengan keris yang melambangkan sejarah Kota Jambi,” tegas Fasha.


Menurut Fasha, ia akan merubah bagian bawahnya yang dulu hanya tanaman, menjadi air mancur, sehingga menambah keindahan tugu itu.

Fasha mengakui, bisa saja Tugu Keris Siginjai didirikan di tempat lain. Namun tidak ada area yang sesuai seperti di Kota Baru.

“Kenapa tidak saya bangun di Tehok atau Makalam. Tugu ini bukan hanya untuk dilihat dan dilintasi saja, tapi bagaimana orang dapat duduk dan berfoto di sana, jangan di tempat yang dapat mengganggu arus lalu lintas,” jelas Fasha.

Di lokasi Tugu Keris Siginjai juga akan dibuat prasasti, ornamen perjuangan Raja-Raja Jambi beserta fotonya, dengan tujuan memberi informasi kepada masyarakat.

“Jadi pembangunan ini bukan merobohkan yang sudah ada. Saya ganti atas saja dan renovasi. Lingkarannya tetap, angsonya masih ada, lekukannya masih ada dan tiangnya masih dimanfaatkan,” papar Fasha. (infojambi.com)

Laporan : Dicky

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.