Fasilitasi Kreasi Pemuda, Fasha Buka Festival Pekan Pemuda Pelajar dan Festival Kreasi Pelajar 2017

INFOJAMBI.COM — Pembangunan karakter dan kualitas generasi penerus bangsa di Kota Jambi selalu mendapat perhatian besar dari Wali Kota DR. H. Syarif Fasha, ME. Hal tersebut sangat selaras dengan visi dan misi Kota Jambi, dalam mewujudkan masyarakat kota yang berkualitas, berakhlak, berbudaya dan berdaya saing.

Selain telah mengalokasikan porsi pendanaan yang cukup besar untuk pendidikan dan pembinaan kepemudaan dalam APBD Kota Jambi, Wali Kota Fasha juga senantiasa mengapresiasi berbagai kreatifitas generasi muda di Kota Jambi. Hal tersebut setidaknya tampak saat Wali Kota Fasha membuka secara resmi Festival Pekan Pemuda Pelajar dan Festival Kreasi Pelajar yang berlangsung di Taman Arena Remaja, Jum’at (6/10).

Kegiatan ajang kreatifitas seni dan olahraga pelajar tersebut, diikuti siswa-siswi dari seluruh SMA, SMK dan Madrasah Aliyah / sederajat yang ada di Kota Jambi. Sampai dengan akhir pekan ini, semua peserta unjuk kebolehan dan berkompetisi menampilkan seluruh bakat dan kemampuan terbaiknya dibidang olah seni dan olahraga.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, Pemerintah Kota Jambi akan terus memfasilitasi kegiatan serupa, karena hal itu telah menjadi bagian dari tugas pemerintah dalam memberikan ruang positif para pemuda dan pelajar mengaktualisasikan diri menyalurkan bakat dan prestasi.

“Ajang ini juga sangat bermanfaat untuk menghindari anak-anak kita dari dampak dan pengaruh negatif dari luar yang mulai merambah usia remaja, para generasi muda bangsa ini. Saat ini kita merasakan kegiatan outdoor yang bernilai positif sudah mulai berkurang. Oleh karena itu saya sambut baik kegiatan ini. Bergembiralah, karena Pemerintah Kota Jambi akan terus memfasilitasi berbagai kegiatan positif para pemuda. Berikanlah yang terbaik dalam ajang ini, raih prestasi dan jalin tali persahabatan dan persaudaraan antar sesama,” ujar Fasha.

Fasha juga menyampaikan ajang tersebut selain untuk menyalurkan bakat dan seni generasi muda, juga bermanfaat untuk mengasah jiwa sportif dan pantang menyerah. Fasha juga mengapresiasi bagi peserta yang berprestasi sebagai pemenang, namun Ia juga berpesan agar tidak berpuas diri. Sementara kepada yang belum berhasil menjadi pemenang, Fasha berpesan agar tidak berputus asa dan tetap terus berlatih.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang untuk mengukur kemampuan siswa yang berprestasi di luar sekolah. Kemenangan adalah bagi siswa yang terbaik, namun jangan cepat berpuas diri, teruslah berlatih untuk pencapaian yang lebih tinggi lagi. Bagi yang belum menang jangan berputus asa. Jadikan ini momentum untuk terus berlatih, karena kemenangan juga dipengaruhi oleh faktor strategi,” pesannya.

Terkait dengan optimalisasi pemanfaatan Arena Taman Remaja, yang menjadi lokasi pertunjukan tersebut, Wali Kota Fasha menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan berbagai pembenahan secara menyeluruh. Berbagai fasilitas akan dilengkapi, seperti pencahayaan, tempat parkir, bahkan peralatan fitnes outdoorpun akan menambah indahnya taman tersebut.

“Kami akan menjadikan taman ini menjadi ikon kebanggaan dan tempat yang representatif bagi para remaja dan masyarakat Kota Jambi untuk menyalurkan bakat, berekspresi dan berkreasi. Berbagai sarana dan prasarana akan terus kami benahi dan tingkatkan sebagai bagian dari revitalisasi taman ini,” terang Fasha.

Sebelumnya Kadispora Kota Jambi, Ir. Moncar Widariyanto dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan yang diikuti peserta sebanyak 753 orang yang terdiri dari siswa siswi SMA, SMK, MA / sederajat itu, akan menunjukkan kemampuannya dalam bidang olah seni dan olahraga.

“Dibidang kesenian ada lomba lagu dangdut, lagu daerah Jambi, tari kreasi, cheerleaders, dan stand up comedy. Sedangkan bidang olah raga akan memperlombakan bola voly, bola basket, dan tenis meja,” terang Kadispora Moncar.

Festival yang akan berlangsung selama selama 6 (enam) hari itu bertujuan selain memfasilitasi berbagai kegiatan positif dan kreatif para pelajar, juga bertujuan sebagai ajang pencarian bakat.

“Adapun tujuan dari Festival Pekan Pemuda Pelajar dan Festival Kreasi Pelajar Kota Jambi tahun 2017 ini, selain memberikan ruang berkreasi dalam meningkatkan minat dan skill para pelajar terhadap seni dan olahraga, juga bertujuan sebagai penjaringan bakat,” terang Moncar.

Kegiatan pembukaan Festival Pekan Pemuda Pelajar dan Festival Kreasi Pelajar yang berlangsung meriah tersebut, selain dihadiri oleh siswa siswi pelajar SMA/SMK/MA se-Kota Jambi, turut hadir pula jajaran OPD Pemerintah Kota Jambi serta stakeholder terkait lainnya. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.