Kamis, 23 Mei 2019 | 00:40

Fauzi Syam Resmi Sandang Gelar Doktor

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM — Universitas Jambi (Unja) yang berdiri sejak tahun 1963 hingga sekarang telah melahirkan 23 sarjana bergelar doktor. Universitas ini diresmikan tahun 1982 oleh Presiden Soeharto.

Salah satu doktor lulusan Unja adalah Fauzi Syam. Doktor ilmu hukum itu tidak mudah didapat. Sebagai seorang yang cerdas dan berintelektual, Fauzi Syam mampu melewati sidang terbuka yang dihadiri sembilan orang penguji.

Sidang dipimpin langsung oleh Rektor Unja, Profesor Johni Najwan. Terlihat pula beberapa pejabat pemerintahan, seperti Sudirman dan mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA).

Dalam sidang ini Fauzi Syam mempertahakn disertasinya berjudul Kompetensi Absolut Peradilan Administrasi dalam Pengujian Penyalahgunaan Wewenang Tindakan Pemerintahan.

Fauzi Syam lebih setuju penyalahgunaan wewenang tindak pemerintahan yang dulunya dihukum penjara, sekarang diberikan hukuman sanksi administrasi.

“Dengan menerapkan itu, maka filosofi bernegara kita akan lebih baik,” ujar Fauzi yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Menurut Rektor Unja, Johni Najwan, jika peraturan perundang-undangan punya sanksi, maka sanksi pertama adalah administratif, peringatan dan pemberhentian tidak hormat.

“Jika sanksi administratif dan perdata tidak dapat menyelesaikan, maka sanksi terakhir adalah pidana,” ujar Johni. ***

Kategori Pendidikan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.