Selasa, 13 November 2018 | 01:12

Festival Tapa Malenggang Kurang Semarak

INFOJAMBI.COM — Tahun ini Festival “Tapa Malenggang” yang merupakan dari bagian rangkaian HUT ke-69 Kabupaten Batanghari kurang semarak.

Acara yang direncanakan Bupati Batanghari, Ir Syahirsyah Sy menjadi even nasional tersebut menuai kecewa berbagai kalangan masyarakat. Terbukti, mulai dari pembukaan, festival sepi pengunjung.

Selain itu, even-even yang diselenggarakan pihak pelaksana dinilai monoton dari tahun ke tahun, hingga menyebabkan kebosanan di mata masyarakat.

Warga Muara Bulian, Rudi, mengatakan, Festival Tapa Malenggang yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Batanghari setiap tahun tidak mengalami perubahan.

“Kami nilai even yang diselenggarakan ini sangat monoton, tidak ada perubahan, sehingga minat masyarakat berkurang,” kata Rudi.

Menurut Rudi, seharusnya pihak penyelenggara melakukan evaluasi terlebih dahulu atau membuat even terbaru yang lebih menarik dari tahun sebelumnya.

“Pihak penyelenggara seharusnya mencari ide untuk tahun ini. Even apa yang menarik perhatian pengunjung agar bisa menyedot perhatian masyarakat atau wisatawan dari luar daerah,” sebutnya.

Andi, warga Maro Sebo Ulu juga kecewa. Dia baru mengetahui adanya acara tersebut dari mulut ke mulut yang disampaikan teman-temannya. “Sayo baru tau dari kawan-kawan ado acara di Bulian,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Batanghari, Ardani, kecewa masyarakat terkait even-even yang selalu monoton dari tahun ke tahun, Ardani menampik hal tersebut.

Penyelenggaraan Festival Tapa Malenggang tahun ini lebih meriah dan lebih variatif dari tahun sebelumnya. Secara ekonomi jauh lebih baik tahun ini.

Ditanya penyebaran informasi yang kurang hingga banyak masyarakat tidak tahu, dibenarkan Ardani. Dia mengatakan tahun ini terkendala teknis untuk penyebaran informasi lebih luas.

“Kami akui tahun ini kurang publikasi. Untuk kedepan kami akan melakukan publikasi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ardani mengharapkan kegiatan Festival Tapa Malenggang melibatkan banyak pihak. Bukan hanya OPD terkait saja, tapi seluruh organisasi masyarakat untuk mengenalkan Festival Tapa Malenggang agar menjadi even nasional dan menarik wisatawan dan investor luar daerah untuk mengenalkan potensi ekonomi, pariwisata, seni dan budaya Batanghari. (Raden Soehoer — Batanghari)

 


Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.