Final Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara

Penulis : Tim Liputan | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H Sudirman SH MH membuka Final Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara, Minggu (18/4/2021), di Hotel Shang Ratu, Kota Jambi.

Hadir pada kesempatan tersebut Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Tim Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara Provinsi Jambi 2021, para peserta seleksi dan para kepala OPD.

Sekda menyatakan, Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) adalah program tahunan, kerja sama Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dalam pengembangan potensi generasi muda, untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan diri menghadapi tantangan global yang makin kompleks.

PPAN bertujuan mempererat persahabatan dan kerja sama pemuda Indonesia dengan pemuda negara sahabat, serta meningkatkan saling pengertian antara pemuda Indonesia dengan negara sahabat.

PPAN Provinsi Jambi 2021 dialokasikan ke dua negara, yaitu Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang putri, dan Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) sebanyak 1 orang putra.

Jumlah peserta seleksi program PPAN Provinsi Jambi ini 140 orang. Ini mencerminkan kompetisi yang lulus menjadi peserta PPAN sangat ketat. Peserta yang lulus seleksi dan menjadi utusan Provinsi Jambi harus memiliki kemampuan yang baik, sesuai kompetensi yang dibutuhkan untuk mengikuti PPAN.

Pemuda/pemudi Jambi yang nantinya menjadi peserta PPAN 2021 akan menjadi duta Provinsi Jambi yang harus mampu mempromosikan Provinsi Jambi di negara mitra tempat pelaksanaan PPAN.

“Supaya bisa mempromosikan Jambi dengan baik, peserta PPAN harus memiliki pengetahuan dan wawasan sangat baik soal Jambi, paham potensi-potensi yang dimiliki Jambi, baik sumber daya alam, budaya, pariwisata, dan potensi lainnya,” kata Sekda.

Sekda menyakini peserta yang lulus seleksi mempunyai kemampuan komunikasi Bahasa Inggris dengan baik, lisan maupun tertulis. Dia harap kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya pemuda terhadap pentingnya pembangunan berkesinambungan secara merata. Promosi yang baik terhadap Jambi akan turut membangun citra dan kesan yang baik bagi Jambi. (MR)

Kategori Provinsi

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.