Gandeng ANRI, DPD RI Dokumentasikan Hasil Kinerja

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), DPD RI mendokumentasikan berbagai arsip kinerja sejak berdiri hingga 25 tahun ke depan. Langkah awal, DPD RI pada Kamis (31/10/2019) menyerahkan 2 naskah RUU tentang Daerah Istimewa Yogyakarta dan RUU tentang Desa kepada ANRI.

“Dua dokumentasi itu kami serahkan kepada ANRI. Mereka akan melakukan dokumentasi secara baik dan diolah lagi menjadi informasi. Perubahan itu dari arsip statis menjadi dinamis serta bisa berbicara dalam aspek kesejarahan,” kata Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar “Donny” Moenek, usai acara penyerahan Naskah RUU di gedung parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Reydonnyzar mengatakan kinerja DPD RI tak lepas dari dokumen lembaga negara sekaligus sebagai bukti kesejarahan. Langkah penyerahan dokumentasi kepada ANRI adalah bemtuk sinergi dan harmoni.

“Kita memiliki keterbatasan karena ini kita sinergi dan harmoni dengan ANRI. Bagaimana melakukan tata kelola arsip yang baik dan benar serta memenuhi kaidah dan norma sesuai UU, “ ujar Donny.

Reydonnyzar juga berkomitmen akan menyerahkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sebagai perjalanan sejarah kepada ANRI. “Insya Allah baru 2 dan nanti kami akan memberikan banyak arsip lainnya kepada ANRI,” kata Donny.

Dalam kesempatan sama, Plt. Kepala ANRI, M. Taufik mengatakan penyerahan dokumentasi ini adalah momentum luar biasa guna membangun sinergi dan kolaborasi.

“Dokumentasi yang diserahkan oleh DPD mengalihkan tanggung jawab kepada ANRI. Dari ANRI akan diubah dari paper menjadi digitalisasi guna memudahkan akses informasi bagi masyarakat,” ujar Taufik. ***

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.