Gema Muharram Pemkot Jambi, Diikuti Ribuan Massa, Fasha Salurkan Rp 101 Juta Santunan Anak Yatim

INFOJAMBI.COM – Lantunan dan munajat doa, dzikir, shalawat dan tausiyah kembali bergema di Kantor Wali Kota Jambi, Sabtu (21/10). Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian memperingati gema tahun baru Islam 1439 Hijriyah/2017 Kota Jambi itu, dikemas dalam acara Tabligh Akbar.

Ribuan massa dengan mengenakan busana muslim bernuansa putih-putih tampak menyesaki lapangan utama kantor Wali Kota sedari pagi. Pemerintah Kota Jambi pun menghadirkan dai kondang yang berasal dari Palembang yaitu Ustadz KH. Ahmad Taufiq Hasnuri guna memberikan siraman rohani pada acara itu.

Kegiatan Tabligh Akbar, memang telah menjadi tradisi yang rutin dilaksanakan oleh Pemkot Jambi setiap tahunnya dibawah kepemimpinan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam menyambut berbagai kejadian penting di Kota Jambi. Khususnya dalam menyambut tahun baru Islam, kegiatan ini selalu mendapat sambutan yang luar biasa dari segenap lapisan masyarakat Kota Jambi.

Acara Tabligh Akbar diawali dengan gema sholawat yang dibawakan dengan khidmat dan kompak oleh ribuan ibu-ibu yang tergabung dalam Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se-Kota Jambi yang memutihkan lapangan utama Kantor Wali Kota pagi itu.

Selanjutnya, pada kegiatan tersebut turut pula dilaksanakan pemberian santunan bagi 404 paket anak yatim dengan total nilai Rp 101 juta. Selain itu, turut pula diserahkan pemberian santunan bantuan bencana kebakaran untuk 40 KK yang ada di Kota Jambi.

Wali Kota Syarif Fasha yang tidak mengambil gajinya selama menjabat sebagai Wali Kota itu, juga dikenal sebagai kepala daerah yang taat beragama. Selain telah mengeluarkan edaran shalat berjamaah bagi ASN dilingkup Pemerintah Kota Jambi pada tahun 2015 lalu, ia juga dikenal rajin berdakwah dengan menganjurkan jajarannya untuk berzakat, berqurban, bersedekah, termasuk menyantuni yatim piatu.

“Pemerintah Kota Jambi memiliki 6.682 orang ASN. Jika saja angka ini dapat dioptimalkan untuk menggalakkan semangat berbagi kepada sesama melalui infaq dan sadaqah, sungguh luar biasa masyarakat Kota Jambi yang akan menerima manfaatnya. Tahun depan saya berharap agar jumlah santunan meningkat. Saya harap seluruh ASN yang telah cukup nisab agar menyadari kewajiban berzakatnya. Karena salah satu tugas seorang pemimpin adalah mengingatkan dan mengajak untuk selalu terus berhijrah ke tempat yang baik, perilaku yang baik,” pesan Fasha.

Terkait dengan berbagai kegiatan bernafaskan keagamaan, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pemkot Jambi akan terus menggelar kegiatan sejenis kedepannya di Kota Jambi.

“InsyaAllah, tradisi ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dalam perayaan berbagai hari besar penting Islam di Kota Jambi. Semoga kegiatan ini menambah keimanan dan ibadah, mendorong kepada kebaikan dengan tujuan yang baik. Semoga majelis ini diridhoi oleh Allah dan semoga kita semua, juga Kota Jambi selalu diberi keberkahan dan dihindarkan dari bencana,” harap Fasha.

Sementara itu, ustadz KH. Ahmad Taufiq Hasnuri dalam tausiyahnya pun turut mengaminkan apa yang telah diungkapkan Wali Kota Fasha terkait dengan kewajiban zakat tersebut.

“Apa yang telah dilakukan oleh Pak Wali sudah benar adanya. Dalam Islam, shalat dan zakat menempati tempat khusus dimata Allah SWT. Shalat pada hakikatnya untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa, sedangkan zakat adalah untuk membersihkan harta. Harta yang dikeluarkan untuk Allah dan agama tidak akan merugi. Semua dikumpulkan untuk bekal akhirat,” ujar dai asal Palembang itu.

Ustadz Ahmad Taufiq Hasnuri, yang dikenal dengan humornya yang khas itu disambut antusias jamaah yang didominasi ibu-ibu majelis taklim. Ia banyak mengupas makna hijrah yang dikaitkan dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Tabligh Akbar yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut, selain dihadiri ribuan ummat muslim dari dalam dan luar Kota Jambi, dari berbagai masjid, langgar dan kelompok majelis taklim, turut pula hadir Ketua Komisi IV DPRD Kota Jambi Afrizal, Kakan Kemenag Kota Jambi H. Rusli Adam, unsur Forkompinda lainnya, Ketua MUI Kota Jambi H. Sibawaihi dan Wakil Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jambi dr. H. Maulana.

Tampak juga hadir jajaran Pemerintah Kota Jambi, Plt. Sekda Kota Jambi H. Obliyani, kepala OPD, Camat dan lurah, serta juga turut dihadiri Ketua TP-PKK Kota Jambi Hj.Yuliana Fasha serta ribuan jamaah dari dalam dan luar kota Jambi.

Selain diisi dengan dzikir, tausiyah, dan santunan yatim, kegiatan tersebut juga menjadi meriah dengan penampilan musik Islami dari group gambus Ash-Shofa. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.