Sabtu, 23 September 2017 | 00:08

Gowes Pesona Nusantara Etape Tanah Pilih Pusako Batuah Sukses

KOTAJAMBI — Suasana Minggu (16/7) pagi di Kota Jambi berbeda dibanding hari minggu biasanya. Sedari fajar, di jalanan berseliweran masyarakat mengendarai sepeda. Tidak sedikit diantara mereka yang bersepeda secara rombongan, atau sekedar bersama anggota keluarga.

Rupanya, di Kota Jambi sedang ada gelaran even nasional olahraga sepeda bertajuk “Gowes Pesona Nusantara Etape Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi”. Kota Jambi kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara even skala nasional untuk kesekian kalinya.

Kali ini Kota Jambi menjadi tuan rumah perhelatan nasional yang diselenggarakan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora). Gowes Nusantara merupakan bagian dari rangkaian gelaran utama olahraga rally sepeda nasional, yang sejak beberapa waktu lalu telah mulai start dari titik nol Indonesia, di Sabang, Aceh, dan akan berakhir di Kota Magelang, 9 September mendatang, pada puncak Hari Olahraga Nasional 2017.

Masyarakat Kota Jambi boleh berbangga hati. Bagaimana tidak, dari 514 kota/kabupaten se-Indonesia, Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi merupakan satu dari 90 kota yang terpilih sebagai penyelenggara dan tuan rumah gelaran olahraga tingkat nasional tersebut.

Mengambil start di kompleks Kantor Gubernur, Telanaipura, Gowes Pesona Nusantara berakhir finish di Tugu Jam Pedestarian Jomblo, Kota Baru. Kegiatan sepeda nasional tersebut dibagi dua rute. Rute pertama berjarak 40 km, adalah rute bagi atlet rally sepeda nusantara, yang mengelilingi Kota Jambi. Sementara rute kedua berjarak 10 km, rute bagi masyarakat umum dan jajaran pemerintah penyelenggara.

Kegiatan Gowes Pesona Nusantara Kota Jambi dihadiri Deputi II Kemenpora RI dan Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli, Forkompinda Jambi, Wali Kota Jambi H Syarif Fasha, forkompinda Kota Jambi, Sekda Kota Jambi dan jajaran OPD Kota Jambi.

Meriahnya suasana dan ramainya peserta yang antusias mengikuti kegiatan gowes, membuktikan Kota Jambi selalu dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi setiap penyelenggaraan even nasional. Setidaknya hal tersebut diungkapkan Deputi II Kemenpora RI, Jonni Mardizal dalam sambutannya di lokasi finish.

“Terima kasih kepada jajaran Pemerintah Jambi, khususnya Pemkot Jambi yang bersedia menjadi tuan rumah salah satu kegiatan pemerintah di bidang olahraga dengan tema “Ayo Olahraga”. Kota Jambi merupakan kota terpilih dari 90 kota/kabupaten di Indonesia yang berjumlah 514 kota/kabupaten. Aplause untuk Kota Jambi yang telah sukses menjadi tuan rumah event ini,” ujarnya.

Jonni berharap kegiatan gowes tersebut menjadi pemicu keberlangsungan event serupa dan event olahraga lainnya di Kota Jambi. Sesuai Pasal 4 UU Nomor 3 tahun 2005, tujuan olahraga tidak semata-mata untuk prestasi, namun juga memberi dampak kesehatan dan nilai sportifitas dalam kehidupan sehari-hari, serta menciptakan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara.

Jonni mengajak seluruh komponen masyarakat maju bergerak mendukung pemerintah mewujudkan olahraga menyehatkan masyarakat. Terkait dipilihnya olahraga sepeda dalam event nasional tersebut, Jonni mengungkapkan, olahraga sepeda memiliki banyak filosofi yang sejalan dengan nilai kehidupan, yaitu pembelajaran, strategi dan fokus terhadap orientasi.

foto-foto : istimewa

Wali Kota Jambi, H Syarif Fasha, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat melalui Kemenpora yang mempercayakan Kota Jambi menjadi tuan rumah event Gowes Nusantara.

“Kami mewakili masyarakat dan Pemerintah Kota Jambi mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Menpora yang mempercayakan Kota Jambi menjadi tuan rumah perhelatan Gowes Pesona Nusantara 2017. Semoga event ini menjadi event berkesan bagi masyarakat dan menjadi motivasi kami dalam mendukung peran pemerintah memasyarakatkan olahraga di Kota Jambi,” kata Fasha.

Pada kesempatan tersebut, Fasha juga turut mengungkapkan rasa bangganya terhadap antusias dan semangat masyarakat Kota Jambi atas terselenggaranya event nasional tersebut.

“Kota Jambi berhasil menjawab bahwa kota ini memang pantas dan selalu siap menjadi tuan rumah perhelatan event berskala nasional. Semoga tahun depan lebih banyak lagi event olahraga nasional, maupun event lainnya. Kota Jambi akan selalu siap menjadi tuan rumah,” ujar Fasha.

Tidak hanya sekedar event olahraga biasa yang menyediakan berbagai hadiah menarik, gelaran gowes nusantara juga mengangkat kearifan budaya lokal yang ada di seluruh Indonesia. Unsur budaya Kota Jambi turut diangkat. Wali Kota Fasha menyerahkan air dan tanah yang diambil di lokasi pertama kali Raja Jambi mendaratkan perahu Kajanglako, yaitu di bawah Gentala Arasy dan Masjid Agung Jambi kepada Deputi II Kemenpora, Jonni Mardizal.

Air dan tanah tersebut selanjutnya digabungkan dengan tanah dan air dari seluruh Indonesia yang disinggahi kegiatan Gowes Nusantara. Secara filosofis, penyatuan tanah dan air melambagkan menyatunya seluruh tanah air dan tumpah darah seluruh Indonesia dalam bingkai NKRI. (infojambi.com/***)

 

Kategori Kota Jambi,Olahraga dan Trend

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.