Gubernur dan Kapolda Bahas PETI, Karhutla dan Satgas Pangan

KOTAJAMBI — Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli menerima kunjungan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Drs Priyo Widyanto MM, di rumah dinas gubernur, Senin (8/5). Pertemuan tersebut merupakan koordinasi kerja, juga representasi koordinasi antara Pemprov dan Polda Jambi.

Kapolda datang didampingi Karo Operasional (Ops), Kombes Pol Taufiq Tri Atmojo, Dirsabhara, Dirkrimsus, Kabid Propam dan Kabid Humas Polda Jambi.

Penanggulangan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta pembentukan satuan tugas (satgas) pangan menjadi titik berat pembahasan dalam pertemuan.

“Agendanya koordinasi antara pemprov bersama kapolda dan Danrem 042/Gapu. Dalam waktu dekat dilakukan pertemuan, melibatkan kades, lurah dan camat. Kalau bisa bupati dan walikota ikut hadir,” kata Zola.

Menurut gubernur, ditargetkan rapat koordinasi sebelum puasa sudah siap. Rapat koordinasi sangat penting, yang teknisnya diatur oleh Plt Sekda se-Provinsi Jambi.

Dalam rapat nanti akan dibahas rencana aksi langkah-langkah pencegahan, penghentian dan penyelesaian masalah serta upaya pemulihan kawasan hutan dan lahan bekas PETI.

Zola mengungkapkan, Provinsi Jambi termasuk daerah yang diminta menyiapkan status siaga darurat karhutla, sesuai instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Untuk itu kita perlu bisa mengendalikan pencegahan sedini mungkin, dengan cara membentuk pos-pos dan petugas di lapangan,” jelas gubernur.

Selain itu, guna mengantisipasi lonjakan harga sembilan bahan pokok (sembako), terutama menjelang bulan puasa dan lebaran, pemprov dan polda membentuk tim Satgas Pangan, diikuti kabupaten/kota.

“Tujuannya untuk mengontrol harga komoditi di pasaran. Bila di Jambi ada satu komoditi yang naik, pemerintah daerah akan cepat melapor dan minta dukungan ke kementerian,” jelas Zola. (infojambi.com)

Penulis : Sapra Wintani

Kategori Hukrim,Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.