Gubernur dan Kapolda Jambi Apresiasi Bantuan Oksigen Asian Agri dan Tanoto Foundation

Penulis : TIM | Editor : Dodik

INFOJAMBI.COM – Asian Agri bersama Tanoto Foundation, lembaga filantropi independen dalam bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, mendonasikan 24 ton oksigen.

Oksigen cair itu diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien covid-19 di Provinsi Jambi. Pemberiannya dikoordinasikan melalui Gubernur dan Kapolda Jambi.

Lonjakan pasien covid-19 menyebabkan ketersediaan oksigen di rumah sakit mulai terbatas. Pasien-pasien covid-19 dalam kondisi bergejala berat-kritis yang dirawat di rumah sakit sangat membutuhkan oksigen, sementara pasokan mulai terbatas.

Oleh karenanya, Asian Agri bersama Tanoto Foundation tergerak turut berkontribusi membantu pemerintah dalam pengadaan oksigen bagi para pasien covid-19 di tanah air, khususnya di Provinsi Jambi.

Pengiriman oksigen dilakukan dari Pangkalan Kerinci menuju Jambi pada 6 Agustus 2021, dikawal oleh jajaran Kepolisian Daerah Jambi.

Tiba pada 7 Agustus 2021 disambut antusias oleh Gubernur Jambi, H Al Haris, dan Kapolda Provinsi Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, di rumah dinas Gubernur Jambi.

“Kami sangat menyambut baik bantuan yang diberikan Asian Agri dan Tanoto Foundation. Saya membentuk tim khusus yang ditugaskan untuk mengawal truk oksigen hingga tiba di tujuan dengan aman. Bantuan oksigen ini amat sangat berharga untuk para pasien covid-19 di Provinsi Jambi ini,” kata Kapolda.

Gubernur Jambi, H Al Haris, mengapresiasi bantuan Asian Agri dan Tanoto Foundation. Saat ini ketersediaan oksigen di Jambi sangat langka, terlebih dengan melonjaknya angka pasien penderita covid-19 yang harus dirawat di rumah sakit dengan gejala berat hingga kritis.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan oksigen yang diberikan Asian Agri dan Tanoto Foundation. Kami yakin dapat membantu para pasien rawat inap yang tersebar di banyak rumah sakit di provinsi ini. Kami berharap pandemi ini segera berakhir dan masyarakat kembali menjalankan kesehariannya seperti sedia kala,” ujar Al Haris.

Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto menyampaikan, mereka terpanggil untuk merespon dengan cepat ketika mendapat informasi bahwa ketersediaan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang merawat pasien covid-19 mulai terbatas.

Anderson langsung melakukan koordinasi agar secepat mungkin menyalurkan oksigen yang diproduksi oleh pabrik PT RAPP, di Pangkalan Kerinci, Riau, ke Jambi untuk membantu memasok oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan, di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Semoga oksigen yang kami salurkan ini dapat membantu menyelamatkan para pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Provinsi Jambi,” ungkap Anderson.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kebutuhan oksigen medis di Indonesia mengalami kenaikan lebih dari enam kali lipat dari biasanya.

Dalam keadaan pandemi, sebelum terjadi lonjakan jumlah pasien covid-19, kebutuhan oksigen medis di Indonesia berkisar 400 ton per hari. Namun kini kebutuhannya mencapai 2.500 ton per hari. ***

Kategori Kesehatan

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.