Gubernur Harap Sinergitas Pembangunan Terus Ditingkatkan

KOTAJAMBI — Gubernur Jambi, H Zumi Zola, berharap sinergitas pembangunan terus ditingkatkan, baik sinergitas pembangunan kabupaten/kota dengan provinsi maupun provinsi dengan pusat.

Harapan itu dikemukakan gubernur dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Jambi, memperingati Hari Jadi ke-616 Tanah Pilih Pusako Batuah, Kota Jambi, dan HUT ke-71 Pemerintah Kota Jambi, di Gedung DPRD Kota Jambi, Rabu (17/5).

Rapat paripurna istimewa dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Jambi, HM Nasir SE, dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia.

“Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, Pemprov Jambi selalu menekankan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk bekerjasama mensinergikan program kerja. Kita butuh sinergisitas guna mewujudkan aspirasi masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang semakin banyak dan kompleks,” kata gubernur.


Aspirasi masyarakat merupakan tantangan yang harus dipenuhi, mencarikan solusi terbaik. Anggaran Pemprov Jambi terbatas, untuk itu harus membangun bersama.

Berdasar data BPS Provinsi Jambi, dalam kurun satu tahun angka pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan. Sebelumnya 4,2 persen, naik jadi 4,7 persen. Ketika angka pertumbuhan ekonomi naik, berindikasi menurunnya angka pengangguran 3,67 persen, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,37 persen, kesenjangan antara masyarakat mampu dan kurang mampu 0,33 persen.

“Ini berkat kerjasama kita semua, antara pemprov dan pemkab dan pemkot seluruh Provinsi Iambi. Atas nama Pemprov Jambi saya sangat mengapresiasi capaian dan prestasi yang banyak diraih oleh Pemerintah Kota Jambi dalam kurun waktu tiga tahun ini,” ujar Zola.

Zola mengungkapkan, perhatian pemerintah pusat terhadap Provinsi Jambi cukup baik. Beberapa hari lalu, dalam rapat terbatas, dihadapan presiden dan wakil presiden dan beberapa menteri, Zola menyampaikan bahwa Jambi sangat membutuhkan infrastruktur, karena hampir 80 persen masyarakat Jambi mengeluhkan masalah insfrastruktur yang kurang baik.

“Respon presiden, tahun ini melalui Kementerian PU akan membangun infrastruktur di Provinsi Jambi senilai Rp 1,24 triliun,” pungkas Zola.

Walikota Jambi, H Syarif Fasha menjelaskan, banyak perubahan besar yang dilakukan dalam meningkatkan kapasitas Kota Jambi di berbagai bidang pembangunan. Salah satunya peningkatan pendidikan berkualitas dan merata.

“Kemajuan Kota Jambi, terutama dalam infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Apa yang menjadi target kami sejak awal memimpin Kota Jambi sudah tercapai,” tutur Fasha.

Sebelummya, Ketua DPRD Kota Jambi, HM Nasir menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama Pemerintah Kota Jambi dengan DPRD Kota Jambi dan berbagai prestasi yang diraih Pemkot Jambi selama ini.

Nasir mengatakan, DPRD Kota Jambi selama 2017 membahas 16 rancangan peraturan daerah, terdiri tiga ranperda dari Eksekutif. Selama 2017 ada dua perda yang disahkan DPRD Kota Jambi, sedangkan 14 ranperda lainnya sedang dibahas oleh pansus. (INFOJAMBI.COM)

Laporan : Dicky – Sapra

Kategori Kota Jambi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.