Gubernur Haris Minta Lestarikan Budaya Melayu Jambi

Editor: Rahmad

Al Haris menghadiri Pengukuhan Pengurus Serumpun Anak Melayu Jambi. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi Al Haris menghadiri Pengukuhan Pengurus Serambi (Serumpun Anak Melayu Jambi) Bersatu periode 2021-2025, di Balai Adat Provinsi Jambi, Senin (1/11/2021).

Haris berharap agar berbagai organisasi atau wadah persatuan yang ada di Provinsi Jambi bisa memberikan dampak positif terhadap kehidupan sosial, dan kontributif terhadap pembangunan dan kemajuan Provinsi Jambi.

Ia yakin Serambi Bersatu pasti turut memikirkan pembangunan Provinsi Jambi, dengan berbagai kendala/tantangan yang dihadapi, serta peluang dan potensi yang Jambi miliki.

Pengurus Serambi Anak Melayu Jambi Bersatu yang dikukuhkan pada hari ini diantaranya adalah Ketua Umum Sutan Depati Kemas Uzer Tumenggung Serintik Hujan Panas, Panglimo Hitam, Kemas Afrizal Galigo Rajo Alam.

Hadir untuk mengukuhkan para pengurus ini adalah Ketua Dewan Pendiri Yunsak El Halcon yang juga Dirut Bank Jambi.

“Selain itu, saya juga berharap agar Serambi Jambi turut berperan aktif dalam pelestarian adat dan budaya di Provinsi Jambi secara umum, dan kebudayaan Melayu Jambi secara khusus.

Pelestarian budaya ini, terutama kepada generasi muda, kita harapkan juga bisa mendukung pembangunan sektor pariwisata, dimana geliat sektor wisata akan mendorong ekonomi kreatif, yang selanjutnya akan meningkatkan perekonomian daerah di Provinsi Jambi, dan peningkatan perekonomian daerah sudah pasti kontributif terhadap perekonomian nasional,” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa seluruh pengurus yang dikukuhkan ini, diminta membangun kerja sama dan kerja tim yang solid, dengan merumuskan program kerja yang baik, jaga kekompakan, serta hasilkanlah ide-ide dan karya-karya kreatif, yang membawa manfaat besar, baik bagi Serambi Jambi maupun bagi daerah Provinsi Jambi.

“Masyarakat Provinsi Jambi majemuk/beragam, dengan berbagai perbedaan. Saya berpesan bahwa ditengah perbedaan itu, kita semua harus bisa bekerja sama dan hidup rukun, hidup berdampingan dengan damai, supaya Provinsi Jambi ini aman, kondisi yang sangat dibutuhkan dan sangat mendukung dalam pembangunan, karena program pembangunan yang kita rancang, tidak akan bisa terwujud, manakala Provinsi Jambi ini tidak aman. Dengan demikian, mari kita wujudkan Provinsi Jambi yang aman, rukun, dan damai, untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Kemas Uzer Tumenggung Serintik Hujan dalam sambutannya menyatakan dukungan dari seluruh pengurus untuk membantu pemerintah dalam membangun Provinsi Jambi.

“Kami akan turut berperan dan memberikan masukan terhadap Pemerintah yang diharapkan dapat menjadi peran serta kami dalam pembagunan, dan kami juga akan tetap melestarikan adat istiadat melalui kebudayaan, pendidikan dan juga berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat dengan merangkul dan memberikan bantuan kepada kelompok UMKM,” kata dia.

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.