Selasa, 23 Oktober 2018 | 21:23

Gubernur Jambi Curhat ke Menteri PU

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, Zumi Zola, curhat ke Menteri Pekerjaan Umum (PU), Mochamad Basoeki Hadimoeljono. Zola mengeluhkan masih kurangnya infrastruktur di Provinsi Jambi.

Wilayah Sumatera sebenarnya memiliki potensi sangat besar, termasuk Jambi, untuk pengembangan. Sumatera perlu didorong agar bisa bersaing dengan wilayah Jawa.

Jika saja infrastruktur di wilayah Sumatera sudah lebih baik, apalagi dengan dibangunnya jalan tol Trans Sumatera, perkembangan daerah-daerah di Sumatera bisa maju lebih signifikan.

“Terutama perkembangan perekonomian masyarakat Sumatera,” kata Zumi Zola, saat menjemput Menteri PU Mochamad Basoeki Hadimoeljono, di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Minggu (8/10).

Pemerintah Provinsi Jambi terus mensinergikan programnya dengan pemerintah pusat. Kebijakan yang diambil disesuaikan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam curhatnya, Zola cerita soal pembangunan jalan dari Jembatan Aurduri II menuju Pelabuhan Samudera, di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pelabuhan ini dibangun bertahap, ditargetkan rampung tahun depan.

“Saya juga sampaikan soal pelebaran jalan, dari perbatasan Kota Jambi ke Kabupaten Muaro Jambi. Selama ini macet, terutama di sekitar Universitas Jambi dan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha,” ujar Zola.

Selain masalah jalan, irigasi, perumahan dan ruang terbuka hijau juga menjadi perhatian. Begitu pula dengan masalah distribusi air bersih melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Banjir selalu melanda ketika musim hujan tiba. Soal PDAM, debit air telah dinaikkan, tapi terkendala pipa yang sudah berumur tua. Anggaran daerah snagat terbatas, karena itu saya minta bantu sama Menteri PU,” kata Zola. (Doddi Irawan/Yudi Pramono — Jambi)

 


Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.