Gubernur Jambi Mendukung Budidaya Anggrek

PENULIS : MARIA/MUSTAR
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Asraf,S.Pt,M.Si membuka Musyawarah Daerah Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI)  Provinsi Jambi tahun 2019, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (30/8/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Dewan Penasehat Perhimpunan Anggrek Indonesia Provinsi Jambi, Hj.Halimah Usman mewakili Hj.Rahima Fachrori dan DPD PAI Provinsi Jambi yang diwakili oleh Hj. Fachridawati Rozi.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Jambi yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Asraf,S.Pt,M.Si mengemukakan, pentingnya peranan Perhimpunan Anggrek Indonesia sebagai organisasi profesi dalam mendorong peningkatan pertumbuhan pembangunan daerah, peningkatan ekonomi, dan pendapatan masyarakat.

Gubernur mengharapkan agar Perhimpunan Anggrek Provinsi Jambi bisa melestarikan anggrek dari ancaman kepunahan, dan menyatakan bahwa Gubernur Jambi sangat mendukung budidaya anggrek.

“Sesuai misinya, PAI   bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam upaya melestarikan dan mengembangkan sumber daya alam termasuk anggrek dengan tetap memperhatikan sumber daya lingkungan berkelanjutan. Di Provinsi Jambi, organisasi ini terbentuk tahun 2008 dan sampai saat ini lebih kurang 10 tahun berjalan telah banyak program atau kegiatan dilaksanakan, diantaranya adalah meraih peringkat pertama pada pekan flori dan flora di Bali, Tangerang, Palembang, Medan,” ujarnya.

Gubernur mengatakan, karena masa pengabdian  DPD PAI Provinsi Jambi tahun 2014-2019 telah berakhir, maka dipandang perlu melaksanakan musyawarah daerah dalam rangka mengevaluasi program yang telah dicapai dan sekaligus memilih pengurus untuk periode 2019- 2024. Berkaitan dengan hal tersebut, gubernur berharap agar kepengurusan yang baru dapat memberikan kontribusi nyata mendukung pemerintah dalam menjaga dan melestarikan sumber daya alam khususnya anggrek alam Jambi  yang keberadaannya semakin hari semakin memprihatinkan akibat eksploitasi dan kebakaran hutan yang tidak terkendali.

Penasehat DPD PAI Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori yang diwakili oleh Hj.Halimah Usman menyampaikan bahwa tanaman anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai nilai estetika dan nilai ekonomi yang tinggi, namun tanaman anggrek saat ini semakin langka dan terancam punah karena kurangnya kesadaran untuk melestarikan anggrek.

“Untuk itu, diperlukan upaya perlindungan dan pelestarian anggrek dari ancaman kepunahan. Salah satu upaya dimaksud adalah dengan membentuk wadah yang menghimpun masyarakat yang peduli dan hobi terhadap tanaman anggrek. Sudah lebih dari satu dekade perhimpunan ini terbentuk, sekarang merupakan saat yang tepat bagi kita untuk mengevaluasi diri sudah sampai sejauh mana peran perhimpunan ini terhadap pelestarian anggrek di Provinsi Jambi,” ungkap Halimah.

Halimah menyampaikan, saat ini PAI sudah mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jambi berupa pembangunan Taman Anggrek Soedewi sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Provinsi Jambi sekaligus wadah pengenalan dan pembelajaran kepada masyarakat umum dan pencinta anggrek di Provinsi Jambi.

Sementara itu, perwakilan DPD PAI  Provinsi Jambi sekaligus Ketua panitia, Dra.Hj.Fachridawati Rozi menyatakan, di Provinsi Jambi sendiri terdapat 4 Taman Nasional yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Berbak Sembilang, Taman Nasional Bukit Tiga Pulu,  dan Taman Nasional Bukit dua Belas, terdapat juga Taman Hutan Raya Orang Kayo Hitam dan Bukit Sari, serta Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifudin dan di dalam kawasan ini banyak spesies anggrek yang bisa dieksplorasi dan dilestarikan.

“Banyak sekali kegiatan yang telah dilakukan oleh PAI Provinsi Jambi diantaranya pada tahun 2010 DPD PAI mengikuti Lomba Anggrek di Batam pada  15 s.d 22 Juli 201. Prestasi  yang didapat adalah juara kedua anggrek phaleonopsis, juara ketiga anggrek vandaceous, juara  ketiga anggrek onchidium, dan pada 2011 DPD PAI Provinsi Jambi meraih juara 1 The Best Anggrek Paphiopedilum, juara 1 anggrek dendrobium, juara 1 Anggrek onchidium, juara 1 anggrek eria multiflora spesies, dan juara dua anggrek phaleonopsis spesies dan pada tahun 2012, mengadakan pelatihan anggrek eksplorasi anggrek alam kabupaten/kota se Provinsi Jambi,” tutur Fachridawati Rozi. ***

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.