Gubernur Minta Guru Terus Perkuat Komitmen Mendidik Anak Bangsa

Zumi Zola menyerahkan bingkisan

KOTAJAMBI — Gubernur Jambi, H Zumi Zola, berharap para guru dan insan pendidik terus memperkuat komitmen untuk mendidik anak-anak bangsa, untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan berakhlak baik.

Harapan tersebut dikemukakan Zola saat buka puasa bersama kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan Pengawas SMA, SMK, PKLK Negeri se-Kota Jambi, di Ratu Convention Center, Selasa (13/6).

Zola menyatakan, tujuan buka puasa bersama ini adalah memperkuat tali silaturrahmi antara sesama dan berkomitmen makin mencerdaskan bangsa, khususnya di bidang pendidikan.

“Hari ini kami buka puasa bersama dengan kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, serta tenaga kependidikan. Alhamdulillah, ada niatan lainnya, yaitu memperkuat silaturrahim,” kata Zola.

Gubernur mengaku sangat bahagia dan berterima kasih atas dedikasi semua tenaga pendidik, karena tantangannya tidak mudah. Komitmennya adalah makin mencerdaskan anak Jambi di mana pun.

Zola menyampaikan, pendidikan merupakan hal penting bagi manusia. Pendidikan berkaitan dengan nilai diri manusia. Dengan pendidikan, manusia mempunyai banyak ketrampilan dan kepribadian.

Keterampilan dan kepribadian merupakan sekian banyak proses yang dialami manusia untuk menjadi makhluk berkualitas, fisik maupun mental. Kebiasaan baik akan berakibat baik dan menjadi bagian dari kepribadian keseharian, sebaliknya kepribadian dan kebiasaan sehari-hari yang buruk akan berakibat buruk terhadap kepribadian dan diri sendiri.

Zola membutuhkan dukungan semua pihak, pemerintah, swasta dan masyarakat, termasuk para guru SMK dan SMK. Ia berharap dengan adanya peralihan kewenangan guru SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi, akan menjadi pemacu bagi para guru untuk terus bekerja dan mengabdi, guna terwujudnya pendidikan berkarakter, berkualitas dan berkeadilan.

“Teruslah bekerja bahu-membahu agar tercipta penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang efektif dan efisien guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dapat kita wujudkan bersama,” jelas Zola.

Gubernur berharap komitmen dan sinergisitas ini dan makin kompak satu tujuan. Ia yakin bisa tercapai karena tantangannya SDM harus berdaya saing bukan hanya ditingkat nasional saja tapi juga ditingkat internasional. Alhamdulullah, sampai saat ini prestasi anak-anak Jambi ini sekarang ada yang sudah sampai ke luar negeri baik itu bidang akademik, ilmu pengetahuan, olahraga maupun dibidang lainnya,” sambung Zola.

Karena tantangan kedepan semakin berat dan harapan masyarakat semakin besar terhadap pendidikan, lanjut Zola, untuk itu dirinya beserta jajaran ingin memberikan yang terbaik buat anak-anak Jambi. “Jadi pada intinya adalah kita ingin memberikan pelayanan di bidang pendidikan ini yang terbaik untuk masa depan anak-anak kita. Insya Allah, kalau kita kompak dan semuanya bersinergi itu bisa tercapai,” terang Zola.

Zola menegaskan dirinya akan menindak tegas oknum-oknum yang bermain dalam penerimaan siswa baru. “Ketika pelantikan kepala SMA SMK se-Provinsi Jambi beberapa waktu lalu, saya katakan tidak membenarkan jual beli jabatan termasuk bangku sekolah atau kuota siswa. Jangan lakukan itu, kalau terbukti, kami tindak tegas, apakah itu kepala sekolahnya, gurunya atau siapapun. Ini kriminalitas dan tidak dibenarkan, apalagi dalam dunia pendidikan,” pungkas Zola.

Dalam acara ini, selain berbuka puasa bersama dan sholat Magrib berjama’ah, Gubernur Zola juga memberikan bingkisan berupa kain sarung secara simbolis kepada guru SMA/SMK se Kota Jambi. (infojambi.com)

Penulis : Zainal Mahyudi || Foto : Mulyadi

 

Kategori Pendidikan,Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.